Fikih Do'a dan Dzikir #7 (Panduan Amal Sehari Semalam) Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.

  • Rodja TV
  • 01:10:07
  • 2022-11-24
  • 2022-11-24
Rodja TV Rodja TV Videos
83Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Keutamaan Bacaan Dzikir Sehari-Hari merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary, M.A. dalam pembahasan Fiqih Dzikir dan Do’a bag 7 yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim.

Kita tahu bahwasannya tidak ada satupun aktifitas sehari semalam didalam kehidupan manusia melainkan Islam telah memberikan aturan. Termasuk didalamnya adalah dzikir dan do’a yang biasa menyertai sebelum atau sesudah kita melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Banyak do’a-do’a yang mungkin sudah kita hafal. Tapi terkadang, do’a itu kita baca lewat dari kerongkongan begitu saja. Kita tidak memahami apa yang kita baca. Sedangkan do’a akan mendatangkan kekhusyu’an dan lebih mengena didalam jiwa, apabila do’a dan dzikir yang kita baca itu dapat kita fahami denga benar. Bukan sedekar memahami artinya, tetapi juga mendalami kandungannya.

Setiap dzikir dan do’a yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadung didalamnya perkara-perkara yang agung. Disamping itu kita juga dapat mentadabburi kandungan do’a tersebut. Sehingga do’a itu akan lebih bermanfaat. Adapun diantara keutamaan berdzikir kepada Allah adalah sebagai berikut:
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengatakan dalam sebuah hadits, menjelaskan kepada kita kedudukan dzikir dalam kehidupan manusia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرِ أَعْمَالِكُمْ وَ أَزْكَاهَا عِنْدَ مَلِيْكِكُمْ وَ أَرْفَعِهَا فِيْ دَرَجَاتِكُمْ وَ خَيْرٍ لَكُمْ مِنْ إِنْفَاقِ الذَّهَبِ وَ الْفِضَّةِ وَ مِنْ أَنْ تَلْقَوْا عَدُوَّكُمْ فَتَضْرِبُوْا أَعْنَاقَهُمْ وَ يَضْرِبُوْا أَعْنَاقَكُمْ؟ قَالُوْا: بَلَى يَا رَسُوْلَ اللهِ، قَالَ: ذِكْرُ اللهِ
“Maukah aku ajarkan kepada kamu sebaik-baik amal perbuatan sekaligus yang lebih suci di sisi Allah subhanahu wa ta’ala yang akan meninggikan derajatmu serta yang lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak, dan lebih baik pula bagi kalian daripada berhada-hadapan dengan musuh kemudian kalian menebas leher mereka atau mereka juga menebas leher kalian?” Para sahabat menjawab: “Tentu saja wahai Rasulullah.” Beliau bersabda: “Dzikir (kepada) Allah.” (H.R. Ahmad, at-Tirmidzi, dan al-Hakim).

Melalui hadits di atas, kita bisa mengambil faidah bahwa dengan rutin mengamalkan dzikir merupakan amal yang paling utama dan paling disukai oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Karena hakikatnya adalah mengisi waktu dan umur yang terbaik adalah dengan senantiasa mengingat Allah subhanahu wa ta’ala.
selamat menyimak semoga bermanfaat.
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/