Nasihat Istimewa untuk Anda yang Belajar Fikih - Syaikh Shalih al-Ushaimi #NasehatUlama

Yufid.TV Yufid.TV Videos
117Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Nasihat Istimewa untuk Anda yang Belajar Fikih - Syaikh Shalih al-Ushaimi #NasehatUlama

Seorang muslim tentu memahami keutamaan menuntut ilmu dalam Islam dan keutamaan orang yang menuntut Ilmu serta pentingnya belajar ilmu agama. Para ulama telah menjelaskan keutamaan menuntut ilmu agama dalam Islam dan tujuan mempelajari ilmu agama serta tujuan belajar agama islam yang hendaknya dimiliki oleh setiap muslim. Diantara keutamaan dan manfaat belajar ilmu agama Islam serta keutamaan orang menuntut ilmu adalah menjadi jalan seseorang untuk masuk ke dalam suraganya Allah Ta'ala.

Diantara cabang ilmu agama yang sangat penting adalah belajar ilmu fiqih karena fikih Islam mencakup seluruh aspek perbuatan manusia dan fiqih Islam adalah hukum-hukum Allah Ta'ala yang disyariatkan untuk para hamba-Nya. Lalu bagaimana seorang muslim belajar ilmu agama dalam hal ini belajar tentang fiqih? Dalam video berikut ini berisi nasehat untuk penuntut ilmu, nasihat untuk penuntut ilmu berdasarkan pertanyaan kepada Syaikh tentang manakah yang lebih baik, mempelajari fikih dari mazhab atau dari al-qaul ar-rajih (pendapat yang rajih)?”

Syaikh menjawab tentang bagaimana mempelajari fiqh dalam Islam, apakah melalui metode fiqih mazhab atau qoul ar-Rajih. Menurut beliau untuk mempermudah dalam belajar ilmu fiqih dan menggapai tujuan mempelajari agama serta demi kemaslahatan yang besar, sebaiknya belajar tentang fiqih berdasarkan mazhab 4 imam besar misalnya, yaitu mazhab Syafi'i, mazhab Hanafi, mazhab Hambali dan mazhab Maliki, selain itu yang harus diperhatikan belajar fiqh yang mana dianut oleh banyak orang di suatu daerah misalnya mazhab di Indonesia kebanyakan adalah mazhab Imam Syafi'i maka belajar ilmu fiqih Imam Syafi'i.

Belajar fiqih Syafii seperti mempelajari ilmu lainnya memerlukan tahapan-tahapan yang dimulai dengan belajar kitab fiqih dasar yang berisi ilmu fiqih dasar yang ringkas terlebih dahulu misalnya Al-Ghayah wa At-Taqrib atau matan Abu Syuja’ sebagai panduan belajar fiqih untuk pemula atau belajar ilmu fiqih dasar, kemudian dilanjutkan ke tingkat selanjutnya misalnya kitab Minhaj Ath-Thalibin karya Imam An-Nawawi dan seterusnya, manfaat belajar fiqih dengan metode yang dimulai dengan belajar ilmu fiqih dasar seperti ini insyaAllah akan lebih memberikan faidah yang banyak serta kemapanan dalam ilmu.

#nasehatulama #belajarfiqih #imamsyafii


*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se