Mager (Malas Gerak) - Rumaysho TV

Rumaysho TV Rumaysho TV Videos
55Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Bagaimana cara menghilangkan rasa malas dalam diri?
Pertanyaan tersebut biasanya dilontarkan oleh seseorang yang menyadari dirinya terlalu sering membuang-buang waktu, tetapi belum bisa keluar dari zona nyaman. Malas merupakan sebuah kebiasaan yang kurang baik. Jika dibiarkan begitu saja, rasa malas bisa berdampak pada diri sendiri maupun orang lain. Rasa malas pun bisa menimbulkan beragam kerugian. Untuk itu, amalkan doa berikut agar kita tidak mager (malas gerak).

“ALLOHUMMA INNI A’UDZU BIKA MINAL ‘AJZI, WAL KASALI, WAL JUBNI, WAL HAROMI, WAL BUKHLI, WA A’UDZU BIKA MIN ‘ADZABIL QOBRI, WA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAAT." (HR. Bukhari, no. 6367 dan Muslim, no. 2706).

Keterangan doa:
1. Meminta perlindungan dari sifat ‘ajz, yaitu tidak adanya kemampuan untuk melakukan kebaikan.

2. Meminta perlindungan dari sifat kasal, yaitu tidak ada atau kurangnya dorongan (motivasi) untuk melakukan kebaikan padahal dalam keadaan mampu untuk melakukannya.

3. Meminta perlindungan dari sifat al jubn, artinya berlindung dari rasa takut (lawan dari berani), yaitu berlindung dari sifat takut untuk berperang atau tidak berani untuk beramar makruf nahi mungkar.

4. Meminta perlindungan dari al harom, artinya berlindung dari kembali pada kejelekan umur (di masa tua).

5. Meminta perlindungan dari sifat bukhl, artinya berlindung dari sifat pelit (kikir). Doa ini berisi permintaan agar seseorang bisa menunaikan hak pada harta dengan benar, sehingga memotivasinya untuk rajin berinfak (yang wajib atau yang sunnah), bersikap dermawan dan berakhlak mulia. Juga doa ini dimaksudkan agar seseorang tidak tamak dengan harta yang tidak ada padanya.

MasyaAllah, doanya ringkas tapi padat maknanya. Semoga kita bisa mengamalkan dan mengistikamahkan doa ini. Aamiin.
-
Yuk ikut beramal jariah bangun masjid, dakwah, dan kegiatan sosial lainnya lewat @rumayshopeduli
Narahubung: 0811267791