Tatacara Didalam Menuntut Ilmu - Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc.

Rodja TV Rodja TV Videos
62Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan sebuah video ceramah agama Islam yang sangat bermanfaat, dengan judul tema "Tatacara Didalam Menuntut Ilmu" yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badru Salam.

Imam Ahmad pernah berkata "bahwa ilmu tidak memiliki tandingan jika niatnya benar". Hal ini dikarenakan ilmu adalah dasar akhir dari beramal, karena amalan tanpa ilmu tidak akan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Oleh karena itu, Alquran dan Rasulullah Salallahu alaihi wasallam memerintahkan kita untuk menuntut ilmu. Banyak ulama yang juga telah menyatakan keutamaan menuntut ilmu. Namun, yang penting adalah bagaimana cara menuntut ilmu agar berhasil. Terdapat orang yang telah menuntut ilmu selama bertahun-tahun namun tidak menambah ilmunya. Oleh karena itu, kita perlu memahami tata cara yang benar dalam menuntut ilmu.

Pokok-pokok ilmu ini biasanya dicantumkan dalam kitab mukhtashar, yang merupakan ringkasan dari suatu ilmu. Sebagai contoh, dalam ilmu hadis, terdapat buku ringkasan yang berisi semua pokok-pokok ilmu hadis. Begitu pula dalam ilmu fiqih, terdapat kitab Mazhab Syafi'i yang berisi pokok-pokok ilmu fiqih. Kita juga bisa mengambil kitab Jurumiyah yang ditulis oleh Imam al-harammin al-juwaini untuk mempelajari pokok-pokok ilmu Ushul fiqih. Jika kita tidak menguasai pokok-pokok ini, kita tidak akan bisa mencapai tingkat yang lebih tinggi dalam menuntut ilmu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami tata cara yang benar dalam menuntut ilmu dan mempelajari pokok-pokok setiap ilmu terlebih dahulu.