Bagaimana Sikap Kita Melihat Sahabat Yang Sedang Futur? - Rumaysho TV

Rumaysho TV Rumaysho TV Videos
124Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Fenomena futur atau malas mendatangi majelis ilmu bisa saja menghinggapi mereka yang telah menikah dan berkeluarga. Bisa jadi ada seseorang yang sudah menikah, lalu karena kesibukannya bekerja dan mengurus keluarga, sampai-sampai tak ada alokasi waktu untuk menuntut ilmu dan hadir di majelis. Padahal sebelum menikah, ia adalah orang yang sangat rajin datang ke majelis ilmu.

Jika Anda termasuk dari mereka, apa yang harus dilakukan untuk mengobati rasa futur itu?

Jelas yang pertama adalah mengikhlaskan niat hanya untuk Allah ‘Azza Wa Jalla dalam menuntut ilmu. Jika seseorang ikhlas dalam menuntut ilmu, maka ia akan memahami bahwa amalan menuntut ilmu yang ia lakukan itu akan diganjar banyak pahala, apalagi manfaat hadir di majelis ilmu sangat banyak, termasuk dimudahkan jalan menuju surga.

Kemudian selalu bersama dengan teman-teman yang semangat dalam menuntut ilmu dan teman-teman yang dapat membantunya dalam berdiskusi dan meneliti masalah agama. Jangan condong untuk meninggalkan kebersamaan bersama mereka selama mereka senantiasa membantu dalam menuntut ilmu.

Selanjutnya adalah bersabar saat jiwa mengajak untuk berpaling dari majelis ilmu. Allah Ta’ala berfirman, “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini” (QS. Al Kahfi: 28).

Maka bersabarlah! Jika seseorang mampu bersabar lalu senantiasa kembali untuk menuntut ilmu, maka lama-kelamaan menuntut ilmu akan menjadi kebiasaan baginya. Sehingga hari ketika ia terlewat dari menuntut ilmu akan terasa hari yang menyedihkan baginya.

Semoga bermanfaat :)