Kisah Penaklukan Antakya - Kisah Muslim Spesial Ramadhan #4

Yufid.TV Yufid.TV Videos
113Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Kisah Penaklukan Antakya - Kisah Muslim Spesial Ramadhan #4


Antakya adalah sebuah kota di Provinsi Hatay, Turki sekarang. Dulu, kota klasik ini dikenal dengan nama Antioch yang merupakan salah satu kota terbesar Kerajaan Romawi. Pada masa itu, kota ini juga menjadi pusat peradaban Kristen.

Setelah, Louis IX, mangkat hingga masa Baybars menguasai wilayah Mesir dan Syam, terjadi gencatan senjata antara kaum muslimin dan pasukan salib. Kedua belah pihak disibukkan dengan urusan dalam negeri masing-masing. Kemudian masa damai ini berubah menjadi gejolak besar tatkala Pasukan Salib memutuskan berafiliasi dengan Mongol untuk menghadapi kaum muslimin.

Kaum muslimin yang diwakili orang-orang Mamluk yang dipimpin Baybars mengadakan perlawanan. Mereka menjadikan dua sekutu besar musuh ini sebuah tantangan yang harus dihadapi. Pantang surut berlari. Dan sejarah mencatat, apa yang dilakukan Ruknuddin Baybars adalah bagian dari rekam jejak cemerlang umat ini.

Baybars sosok pemimpin yang membaur dengan perajuritnya. Oleh karena itu, loyalitas dan respect mereka pun tinggi terhadapnya. Ia turun tangan membantu pasukan yang sedang membuat peralatan. Ia ikut andil dalam pembuatan manjaniq.

Pada tanggal 4 Rabiul Akhir 663 H/1265 M, Baybars memulai misi militernya menghadapi sekutu Salib dan Mongol di Syam. Usahanya membuahkan hasil dengan penaklukkan Caesarea pada 8 Jumadil Awwal. Kemudian ia mengarahkan pasukannya menuju Arsuf. Dan berhasil menaklukkannya pula pada bulan Rajab di tahun yang sama. Di tahun berikutnya, Baybars menyempurnakan misi militernya dengan berhasil menguasai Benteng Safed yang merupakan benteng Pasukan Salib.

Jatuhnya Benteng Safed membuat moral Pasukan Salib menurun. Mereka menjadi ciut dan takut. Dampaknya, sebagian wilayah yang dikuasai Salib mengajukan damai dan gencatan senjata.

Setelah membuat moral Pasukan Salib luluh lantak, Baybars beralih ke target utamanya, Antakya. Sebuah kota yang terkenal dengan bentengnya yang kokoh. Baybars merancang persiapan gempur yang luar biasa dan strategi pengepungan yang ketat. Mengembangkan strategi dari penyerangan-penyerangan sebelumnya.

Baca selengkapnya di https://kisahmuslim.com/5545-4-ramadhan-penaklukkan-antakya.html

#antakya #kisahmuslim #yufidtv

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se