Ikuti Cara Beragama Para Sahabat #2 | Ammi Nur Baits, S.T., B.A.

Ustadz Ammi Nur Baits Ustadz Ammi Nur Baits Videos
44Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

IKUTI CARA BERAGAMA SAHABAT #2
Ustadz Ammi Nur Baits حَفِظَهُ الله تعالى

🗓️ Rabu, 24 Mei 2023
🏢 Masjid Agung Sleman

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Tanpa bimbingan sahabat dalam beragama maka akan berpotensi menyimpang dan sesat karena sahabat menjadi standar dalam memahami agama ini.

Dalam karya apapun pasti membutuhkan standar dalam pencapaiannya, termasuk di dalamnya adalah ketika Allah سبحانه و تعالى perintahkan Hamba Nya untuk beragama, maka seorang hamba berusaha memenuhi kewajiban ibadah kepada Allah سبحانه و تعالى sesuai standar yang ditetapkan oleh Allah سبحانه و تعالى sehingga seorang hamba mampu beragama secara ideal sebagaimana Allah سبحانه و تعالى perintahkan.

Firqah menyimpang yang muncul di zaman sahabat adalah khawarij, mereka menyimpang karena tidak menjadikan sahabat sebagai standar dalam memahami agama ini sebagaimana telah datang keterangan dari sahabat berikut ini :

Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhu, berkata kepada orang-orang Khawarij:

أَتَيْتُكُمْ مِنْ عِنْدِ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُهَاجِرِينَ وَاْلأَنصَارِ وَ مِنْ عِنْدِ ابْنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَ صِهْرِهِ وَعَلَيِهِمْ نَزَلَ الْقُرْآنُ, فَهُمْ أَعْلَمُ بِتَأْوِيْلِهِ مِنْكُمْ, وَ لَيْسَ فِيْكُمْ مِنْهُمْ أَحَدٌ

Aku datang kepada kamu dari sahabat-sahabat Nabi, orang-orang Muhajirin dan Anshar, dan dari anak paman Nabi dan menantu Beliau (yakni Ali bin Abi Thalib). Al Qur’an turun kepada mereka, maka mereka lebih mengetahui tafsirnya daripada engkau. Sedangkan diantara kalian tidak ada seorangpun (yang termasuk) dari sahabat Nabi. [Riwayat Abdurrazaq di dalam Al Mushonnaf, no. 18678, dan lain-lain. Lihat Limadza, hlm. 101-102; Munazharat Aimmatis Salaf, hlm. 95-100. Keduanya karya Syaikh Salim Al Hilali].

Wallahu'alam

Silakan dibantu share
Semoga bermanfaat
Barakallahu fikum