Keistimewaan Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah | Ammi Nur Baits, S.T., B.A.

Ustadz Ammi Nur Baits Ustadz Ammi Nur Baits Videos
54Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

KEISTIMEWAAN AQIDAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH
Ustadz Ammi Nur Baits حَفِظَهُ الله تعالى

🗓️ Kamis, 25 Mei 2023
🏢 Masjid Al Hidayah, Purwosari, Sleman

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sumber Aqidah ahlus sunnah berasal dari sumber yang jernih dan murni yakni Kitabullah dan As Sunnah, bukan seperti firqah menyimpang yang mengambil sumber aqidahnya dari akal, budaya maupun perasaan. Jika budaya menjadi sumber aqidah maka akan menjadikan berwarna-warni agama ini dan ini menyelisihi dakwah para Rasul.

Prinsip aqidah ahlus sunnah adalah taslim berserah diri kepada Allah & Rasul Nya. Ini adalah kata kunci kebenaran, karena konsekuensinya meyakini kebenaran mutlak Al Quran & As Sunnah serta tidak akan mentakwilnya, sebagai contoh adalah tentang Allah beristiwa di atas Arsy dan Allah memiliki tangan sebagaimana keterangan dalam Al Quran berikut ini

Allah سبحانه و تعالى berfirman dalam
Surat Thaha Ayat 5

ٱلرَّحْمَٰنُ عَلَى ٱلْعَرْشِ ٱسْتَوَىٰ

Artinya: (Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang beristiwa di atas 'Arsy.

Taslim dengan keterangan dari Allah dan Rasul Nya, tidak menolak dengan akalnya karena dengan penolakan itu ujung-ujungnya akan mentakwil ayat dan hadits.

Kemudian selanjutnya adalah perihal Allah memiliki tangan sebagaimana Allah سبحانه و تعالى berfirman dalam Surat Al-Mulk Ayat 1

تَبَٰرَكَ ٱلَّذِى بِيَدِهِ ٱلْمُلْكُ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: Maha Suci Allah Yang di tangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu,

Ahlus sunnah menerima apa adanya keterangan dari Allah dan Rasul Nya bahwasanya Allah memiliki tangan sekalipun tidak masuk akal.

Karakteristik dan keistimewaan Aqidah ahlus sunnah yang lain adalah sejalan dengan fitrah manusia dan akal yang sehat, karena kebenaran itu lebih mudah diterima manusia secara umum sementara kebatilan itu menyelisihi fitrah manusia.

Wallahu'alam

Silakan dibantu share
Semoga bermanfaat

Barakallahu fikum