Cara Duduk Diantara Dua Sujud Sebagai Rukun Shalat (Eps 06) - ROFIF KIDS

Kids Video Anak Sunnah Kids Video Anak Sunnah Videos
116Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Assalamu'alaikum sobat Rofif, setelah kemarin kita bahas rukun shalat mulai dari niat hingga sujud dengan tumakninah, kali ini kita lanjutkan kembali bahasan rukun shalat ke-11 dan ke-12 secara berurutan; yakni duduk di antara 2 sujud dan tumakninah saat melakukan duduk di antara 2 sujud.

Perhatikan penjelasan ustadz M Abduh Tuasikal dalam video kali ini. Cara duduk di antara dua sujud adalah dengan duduk iftirasy, yaitu dengan membentangkan punggung kaki kiri di lantai, dan mendudukinya, kemudian kaki kanan ditegakkan dan jari-jarinya menghadap kiblat.

Dari Abu Humaid As Sa’idi radhiallahu’anhu beliau berkata, “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam jika duduk dalam salat di dua rakaat pertama beliau duduk di atas kaki kirinya dan menegakkan kaki kanan. Jika beliau duduk di rakaat terakhir, beliau mengeluarkan kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya dan duduk di atas lantai.” (HR. Bukhari no. 828 dan Muslim no. 226).

Bacaan yang dibaca ketika duduk antara 2 sujud ini adalah;

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَارْحَمْنِي، وَاهْدِنِي،وَعَافِنِي، وَارْزُقْنِي

“ALLOHUMMAGH-FIRLII, WARHAMNII, WAHDINII, WA ‘AAFINII, WARZUQNII” (artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah diriku, berilah petunjuk kepadaku, limpahkanlah kesehatan kepadaku, dan berilah rezeki kepadaku).

Ada juga bacaan ringkas ketika duduk antara dua sujud:

رَبِّ اغْفِرْ لِي رَبِّ اغْفِرْ لِي

“ROBBIGHFIRLII, ROBBIGHFIRLII (artinya: Wahai Rabbku, ampunilah aku. Wahai Rabbku, ampunilah aku).”

Cukup sekian dulu ya penjabarannya. Nantikan pembahasan rukun shalat lainnya pada video selanjutnya. Follow akun kita @rofifkids atau subscribe channel YouTube kita ya sobat #Rofif agar tahu info video updatenya. Terima kasih :)




Follow di Instagram : @rofifkids

Subscribe juga di YouTube : Rumaysho TV