Fiqih Pendidikan Anak: Menanamkan Akhlak Mulia Sejak Dini - Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
23Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Menanamkan Akhlak Mulia Sejak Dini ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Pendidikan Anak yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 18 Safar 1445 H / 4 September 2023 M.

Anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang ditanamkan kepadanya sejak dini. Kalau yang ditanamkan baik, maka insyaAllah anak itu pun akan tumbuh dengan baik. Namun, jika yang ditanamkan adalah hal-hal yang buruk, maka anak itu pun akan berkembang dalam suasana yang buruk pula. Hal ini bisa menjadi karakter di dalam diri anak-anak kita, na’udzubillahi min dzalik.

Agar anak tumbuh dengan baik, perilakunya, tutur katanya, dan sikap-sikapnya, maka harus dibiasakan. Orang Indonesia mengatakan, “Alah bisa karena biasa.” Namun, dalam menjalankan proses pembiasaan ini, kita juga harus menggunakan cara yang benar. Sesuatu yang mulia perlu diwujudkan dengan cara yang mulia pula. Akhlak mulia harus dibiasakan kepada anak dengan kelembutan, bukan dengan kekasaran.

Ketika kita membahas akhlak mulia, ada dua aspek yang perlu diperhatikan, yaitu lahir dan batin. Akhlak yang bersifat lahiriyah (terlihat), seperti tutur kata, cara bicara, perilaku, dan raut muka. Yang kedua adalah akhlak yang bersifat batiniyah (tidak terlihat), yaitu sifat-sifat dalam hati, seperti sabar, dermawan, ikhlas, dan kebersihan hati dari iri dan dengki kepada orang lain, ketergantungan kepada Allah semata, ini semua juga akhlak.

Anda dapat menyimak kajian ini dalam format rekaman melalui: https://rodja.id/55m