Keritik Terhadap Sufi Yang Mengubur Kitab Ilmu - Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
24Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Keritik Terhadap Sufi Yang Mengubur Kitab Ilmu adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 22 Januari 2024 M / 10 Rajab 1445 H.

Kita sampai pada tipu daya Iblis terhadap orang-orang yang memandang rendah dan meremehkan buku, bahkan berusaha untuk melenyapkan dan menghilangkannya. Kita tahu bahwa buku-buku agama, yaitu buku-buku yang berisi ilmu-ilmu syar’i merupakan penjaga agama sekaligus harta kekayaan bagi kaum Muslimin. Sekarang, banyak manuskrip-manuskrip kuno tersebar justru di daratan benua Eropa karena mereka menilai ini sebagai salah satu warisan yang sangat berharga, menceritakan tentang agama yang Allah turunkan kepada nabi terakhir, Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Maka kewajiban kita adalah menjaga kekayaan tersebut, tapi justru sebagian dari kaum Muslimin malah ingin melenyapkan, mengubur, dan memendam buku-buku tersebut.

Salah satu alasan mereka berusaha untuk melenyapkan dan meminggirkan buku-buku ini adalah, menurut mereka, buku-buku ini menyibukkan mereka dari ibadah, ada yang mengatakan, “Kitab-kitab ini menyibukkanku sehingga tidak fokus dalam beribadah,” maka Ibnul Jauzi memberikan tiga tanggapan terhadap perkataan itu.