Pengajian Muslimah : Keutamaan Bersuci - Ustadz Amir As-Soronji, Lc

Yufid.TV Yufid.TV Videos
223Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Kajian Muslimah bab Keutamaan Bersuci

Thaharah artinya: bersuci atau kebersihan.
secara istilah: hal yang membahas tentang cara dan bagaimana menyucikan diri (badan, pakaian, dll) agar sah menjalankan ibadah.

Adapun Thaharah dalam ilmu Fiqih ialah:
1. Menghilangkan najis.
2. Berwudlu.
3. Mandi
4. Tayammum
Alat yang terpenting untuk bersuci ialah Air

yang dimaksud najis atau kotoran di sini ialah seumpama air kencing, darah, nanah, bangkai, bekas dijilat anjing, dan lain sebagainya. Semua najis itu harus kita bersihkan dari badan kita, pakaian kita, dan tempat kita.
Pembagiannya:

a. Najis ringan (mukhofafah): ialah air kencing bayi (anak kecil) laki-laki yang umumnya kurang dari dua tahun, dan belum makan selain air susu.

Cara membersihkannya: cuku dipercikkan air kebagian yang terkena najis sampai bersih

b. Najis berat (mugholadzoh): ialah najis dari bekas dijilat anjing atau babi.

Cara membersihkannya: lebih dulu dihilangkan wujud benda najis itu, kemudian dicuci dengan air bersih sebanyak tujuh kali, salah satunya dengan campuran tanah.

c. Najis biasa/sedang (mukhofafah): yaitu kotoran manusia atau binatang, air kencing, bangkai (selain bangkai ikan air, belalang dan mayat manusia), darah, nanah dan sebagainya selain yang tersebut dalam najis ringan dan najis berat.
Cara membersihkannya: cukup sekali dengan air sehingga hilang semua sifatnya. Tetapi apabila tidak mungkin hilang semua sifatnya (bau, rasa, dan rupanya) maka dimaafkanlah (tidak papa) adanya bekas najis itu.

Yufid.TV official website: http://yufid.tv

YUK DUKUNG YUFID.TV!
Yuk dukung dengan belanja di Yufid Store
http://yufidstore.com