Kun Salafiyyan Alal Jaddah : Manhaj Salaf dalam Aqidah l Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
218Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Manhaj Salaf dalam Aqidah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. dalam pembahasan kajian kitab “كن سلفيا على الجادة (Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah)” karya Syaikh Abdussalam bin Salim As-Suhaimi hafidzahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan manhaj dan salaf.

Islam yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan terang benderang. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تَرَكْتُكُمْ عَلَى الْبَيْضَاءِ لَيْلُهَا كَنَهَارِهَا لَا يَزِيغُ عَنْهَا بَعْدِي إِلَّا هَالِكٌ
“Aku tinggalkan kalian dalam suatu keadaan terang-benderang, siangnya seperti malamnya. Tidak ada yang berpaling dari keadaan tersebut kecuali ia pasti celaka.” (HR. Ahmad)

Maka setiap kaum muslimin berhak untuk mengetahui jelasnya pemahaman salaf ini. Bahkan wajib bagi setiap orang yang mengetahuinya untuk menjelaskan dan menampakkan kepada kaum muslimin secara terang-terangan. Karena kalau tidak, dia akan termasuk kedalam menyembunyikan ilmu yang merupakan dosa besar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من كتم علما ألجمه الله يوم القيامة بلجام من نار
“Barangsiapa yang menyembunyikan ilmu, niscaya Allah akan mengikatnya dengan tali kekang dari api neraka di hari kiamat kelak” (HR. Ibnu Hibbaan )

Bagaimana kalau orang yang menyembunyikan ilmu menyangkut kemaslahatan umat agar mereka beraqidah dan beribadah dengan benar. Dengan belajar manhaj salaf, dia akan tahu bahwa kebenaran ada pada manhaj salaf. Tidak terbagi bahwa salaf hanya benar pada masalah aqidah tapi dalam masalah dakwah, sikap, menasihati pemerintah kita menggunakan yang lain. Ini adalah orang yang ragu dengan manhaj salaf dan tidak dikatakan sebagai pengikut manhaj salaf yang sebenarnya.

Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/