Bolehnya Nisbat Kepada Salaf & Menamai Salafiyyah (Kun Salafiyyan) Ustadz Abdullah Taslim, M.A

Rodja TV Rodja TV Videos
187Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Menisbatkan Diri kepada Salaf dan Memakai Sebutan Salafiyah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. dalam pembahasan kajian kitab “كن سلفيا على الجادة (Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah)” karya Syaikh Abdussalam bin Salim As-Suhaimi hafidzahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan manhaj dan salaf. Kajian ini disampaikan pada 18 Shafar 1440 H / 27 Oktober 2018 M.

Menuntut ilmu, meniti jejak para sahabat dan para ulama salaf radhiyallahu ta’ala anhum ajma’in. Dalam rangka usaha kita untuk termasuk kedalam golongan orang-orang yang akan ditolong oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Yaitu golongan orang-orang yang disebut didalam Al-Qur’an:

…الَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ …
“…dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik…” (QS. At-Taubah[9]: 100)

Juga dalam rangka memenuhi kewajiban dan perintah dari Allah subhanahuwa ta’ala untuk mengikuti jalannya orang-orang yang selalu kembali kepadaNya:

…وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚ …
“…dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku…” (QS. Luqman[31]: 15)

Telah berlalu kita nukilkan pernyataan dari Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullahu ta’ala tentang perintah kewajiban mengikuti jalannya para sahabat. Imam Ibnu Qayyim mengatakan bahwa masing-masing dari para sahabat adalah orang yang selalu kembali kepada Allah. Berarti berdasarkan ayat ini kita wajib mengikuti jalan mereka. Dan ucapan-ucapan, nukilan-nukilan mereka dalam menjelaskan makna Islam, makna Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam serta keyakinan mereka dalam beragama merupakan sebesar-besar jalan mereka yang wajib kita ikuti.
selamat menyimak semoga bermanfaat.
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/