Aktualisasi Akhlak Muslim: Wara' Rasulullah ﷺ l Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
401Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Mencontoh Wara’ Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Aktualisasi Akhlak Muslim. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 19 Muharram 1442 H / 7 September 2020 M.

CERAMAH AGAMA ISLAM TENTANG MENCONTOH WARA’ RASULULLAH SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM
Tentunya beliau adalah teladan terbaik dalam segala hal, termasuk di dalam bab wara’ ini. Allah mengatakan:

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّـهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ
“Sungguh pada diri Nabi telah terdapat suri tauladan yang baik bagi kita semua.” (QS. Al-Ahzab[33]: 21)

Suri tauladan bagi umatnya, bahkan bagi umat manusia. Dan dalam hal wara’, beliau adalah hamba yang terdepan. Beliau mencontohkan dan menganjurkan kepada umat beliau agar tetap memelihara sifat wara’ ini, terutama di dalam hal tidak mengambil sesuatu yang bukan haknya atau bahkan sesuatu yang masih samar kedudukannya, menjauhkan diri dari perkara-perkara syubhat.

Abu Hurairah menceritakan bahwa Nabi pernah berkata kepadanya: “Sewaktu aku pulang menemui keluargaku, aku mendapati sebutir kurma tergeletak di atas tempat tidur. Aku ingin memungutnya untuk memakannya, namun seketika itu muncul kekhawatiran bahwa itu merupakan kurma zakat, maka aku tidak jadi memakannya.” Itu karena kekhawatiran bahwa itu bukan hak beliau, bahwa itu haram atas beliau. Maka wara’ mendorong beliau untuk menahan diri, tidak mengambil kurma tersebut. Tentunya belum bisa dipastikan kurma itu adalah kurma zakat. Ini semata-mata karena kekhawatiran beliau muncul pada saat itu.

selamat menyimak semoga bermanfaat.