Al Aqidah Ath Thohawiyah: Mempelajari Tauhid Al Asma wa Shifat l Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
169Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Mempelajari Tauhid Asma’ wa Shifat Menurut Aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah Tentang Nama-Nama Allah dan Sifat-SifatNya. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 30 Al-Muharram 1442 H / 18 September 2020 M.

DEFINISI DARI TAUHID ASMA’ WA SHIFAT
Pada kesempatan yang mulia ini kita akan menjelaskan definisi dari tauhid asma’ wa shifat menurut aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hal ini agar kita mengetahui hakikat aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah di dalam hal ini.

Dan insya Allah pembahasan-pembahasan selanjutnya kita akan menjelaskan landasan-landasan utama aqidah Ahlus Sunnah di dalam tauhid asma’ wa shifat, kemudian kaidah-kaidah dalam memahami nama-nama Allah dan juga di dalam memahami sifat-sifat Allah. Kemudian kita akan menyebutkan -InsyaAllah- nama-nama dan sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang tertera dalam Al-Qur’an dan hadits, bagaimana aqidah Ahlus Sunnah di dalam menetapkan seluruh nama-nama dan sifat-sifat Allah Tabaraka wa Ta’ala.

Adapun definisi dari tauhid asma’ wa shifat atau maksud dari tauhid asma’ wa shifat diyakini oleh Ahlus Sunnah wal Jamaah mencakup tiga perkara:

Menetapkan nama-nama Allah Subhanahu wa Ta’ala yang Allah sebutkan dalam Al-Qur’an Asmaul Husna dan Shifatul Ulya.
Semua nama-nama dan sifat-sifat yang tertera dalam Al-Qur’an dan hadits.
Mengimani hukum-hukum yang terkandung di dalam nama-nama dan sifat-sifat tersebut serta tuntutan ubudiyah dari setiap nama dan sifat tersebut.
Dalam redaksi bahasa Arabnya dijelaskan oleh para ulama:

إفراد الله بأسمائه الحُسنى، وصفاته العُلى الواردة في الكتاب والسُّنَّة، والإيمان بمعانيها وأحكامها.
Maksud إفراد الله, itulah makna kalimat tauhid, yaitu kita mengesakan Allah, menjadikan Allah Subhanahu wa Ta’ala Dzat Yang Maha Esa, Dialah Allah yang memiliki nama-nama yang terbaik dan sifat-sifat yang sempurna. Semua nama-nama dan sifat-sifat tersebut yang tertera di dalam Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Kemudian kita mengimani makna dari nama-nama tersebut beserta hukum dan konsekuensinya.

Download rekaman audionya melalui: https://www.radiorodja.com/49057-definisi-tauhid-asma-wa-shifat-menurut-aqidah-ahlus-sunnah-wal-jamaah/