Kitab Thaharah: Macam-Macam Najis & Suci l Ustadz Dr. Musyaffa Ad Dariny, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
164Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Macam-macam Najis & Suci merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Kitab Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 8 Dzulqa’dah 1441 H / 29 Juni 2020 M.

Kaidahnya adalah: Segala sesuatu hukumnya suci sampai ada dalil yang menunjukkan bahwa sesuatu itu najis, sampai bisa dibuktikan bahwa sesuatu itu najis, maka kita baru menghuminya dengan najis.

Maka tidak perlu kita ketika ragu-ragu pada sesuatu apakah itu suci atau najis untuk mencari dalil sucinya atau untuk mencari bukti bahwa itu suci. Yang perlu kita lakukan adalah mencari dalil apakah itu najis, mencari bukti apakah itu sudah najis. Ini yang harusnya kita lakukan. Karena pada asalnya segala sesuatu itu suci.

Sama dengan masalah muamalah. Masalah muamalah dikatakan oleh para ulama:

الأصل في المعاملات الحل والإباحة
“Pada asalnya masalah-masalah dalam muamalah itu dibolehkan sampai ada Dalil yang menunjukkan bahwa itu haram”

Maka untuk menghalalkan muamalah sebenarnya tidak perlu dalil, tapi untuk mengharamkannya kita perlu dalil. Dalam masalah suci dan najis juga demikian. Pada asalnya segala sesuatu itu suci sampai ada dalil yang menunjukkan bahwa sesuatu itu najis. Makanya untuk menghukumi bahwa itu suci, kita tidak perlu dalil yang khusus tentang sucinya sesuatu tersebut. Yang kita memerlukan dalil adalah ketika kita mengatakan bahwa sesuatu itu najis. Makanya yang perlu dibahas di sini adalah mengetahui apa saja yang najis sebagaimana ditunjukkan didalam dalil.

Ada banyak hal yang ditunjukkan oleh dalil bahwa itu najis. Diantaranya:

1. KOTORAN MANUSIA

Kotoran manusia baik yang keluar dari belakang (BAB) maupun yang keluar dari jalan depan (BAK), Ini sesuatu yang najis. Dalilnya adalah banyaknya hadits yang menunjukkan perintah untuk beristinja’ (perintah untuk mensucikan kotoran-kotoran yang keluar dari depan atau dari belakang). Dan perintah membersihkan menunjukkan bahwa itu kotoran dan najis yang harus dibersihkan.

2. DARAH HAID

Darah haid adalah najis. Dalilnya hadits yang diriwayatkan dari Asma’ putrinya Abu Bakar Ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘Anhuma, Asma’ mengatakan bahwa pernah datang seorang perempuan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan perempuan tersebut mengatakan:

Simak penjelasan lengkapnya..

Download rekaman audionya melalui: https://www.radiorodja.com/48630-mengenal-najis-dan-suci/

——————————————————————-

Mari dukung dakwah tauhid dan sunnah melalui Radio Rodja dan Rodja TV. Salurkan infak Anda melalui rekening khusus operasional:

Bank Syariah Mandiri
756 1212 001
a.n. Yayasan Cahaya Sunnah
Kode Bank 451

Daftarkan juga diri Anda sebagai muhsinin (donatur) tetap Radio Rodja dan Rodja TV, untuk informasi dan konfirmasi (SMS/WA) di: 0812 1454 6543

Setiap rupiah yang Anda infakkan akan sangat membantu tersiarnya dakwah tauhid dan sunnah melalui Radio Rodja dan Rodja TV ke seluruh penjuru Nusantara.

Jazakumullahu khairan.

Untuk dapat menyimak siaran Rodja TV dirumah dengan memasang antena parabola melalui:

Outlet Rodja Parabola
Pemasangan Parabola dan Service
https://wa.me/6281291888756