Syarah Aqidah: (Point 24) Dianjurakan Bershalawat Kepada Nabi ﷺ l Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas

  • Rodja TV
  • 01:08:25
  • 2020-10-24
  • 2020-10-24
Rodja TV Rodja TV Videos
193Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Anjuran Bershalawat Kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas pada Sabtu, 25 Dzul Hijjah 1441 H / 15 Agustus 2020 M.

CERAMAH AGAMA ISLAM TENTANG ANJURAN BERSHALAWAT KEPADA NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM
Di antara hak Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang disyari’atkan Allah Subhanahu wa Ta’ala atas ummatnya adalah agar mereka mengucapkan shalawat dan salam untuk beliau. Allah Subhanahu wa Ta’ala dan para MalaikatNya telah bershalawat kepada beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada para hambaNya agar mengucapkan shalawat dan taslim kepada beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Al-Ahzaab[33]: 56)

Diriwayatkan bahwa makna shalawat Allah kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah pujian Allah atas beliau di hadapan para MalaikatNya, sedang shalawat Malaikat berarti mendo’akan beliau, dan shalawat ummatnya berarti permohonan ampun bagi beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Al-Imam Ibnu Qayyim menyebutkan hal ini dalam kitabnya جلاء الإفهام في فضل الصلاة والسلام على محمد خير الأنام.
alam ayat di atas, Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menyebutkan tentang kedudukan hamba dan RasulNya Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pada tempat yang tertinggi, bahwasanya Allah memuji beliau di hadapan para Malaikat yang terdekat, dan bahwa para Malaikat mendo’akan untuknya, lalu Allah memerintahkan segenap penghuni alam ini untuk mengucapkan shalawat beserta salam atasnya, sehingga bersatulah pujian untuk beliau di alam yang tertinggi dengan alam terendah.