Shahihu Fiqhis Sunnah : Hukum Taharah, Pembagian Air l Ustadz Dr. Musyaffa Ad Dariny

Rodja TV Rodja TV Videos
212Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Pembagian Air Untuk Bersuci merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Kitab Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 26 Al-Muharram 1442 H / 14 September 2020 M.

PEMBAGIAN AIR
Dengan air inilah seseorang bisa menghilangkan hadats. Yaitu dengan berwudhu apabila ingin menghilangkan hadats kecilnya atau dengan mandi apabila ingin menghilangkan hadats besarnya. Air dibagi menjadi dua. Ada air yang thahur dan ada air yang najis. Ini sebagaimana disampaikan oleh sebagian ulama dan ini pendapat yang paling kuat dalam masalah ini.

1. AIR YANG SUCI DAN BISA DIJADIKAN UNTUK MENSUCIKAN

Air yang thahur maksudnya adalah air yang suci dan bisa dijadikan untuk mensucikan sesuatu. Itulah yang dimaksud dengan air thahur. Sedangkan air yang najis adalah air yang sudah berbuah karena terkena najis.

Air yang thahur ini biasanya berupa air yang muthlaq. Air muthlaq adalah air yang masih dalam keadaan asalnya. Yaitu air yang keluar dari bumi atau turun dari langit.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُم مِّنَ السَّمَاءِ مَاءً لِّيُطَهِّرَكُم بِهِ
“Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan untuk kalian dari langit air yang tujuannya untuk membersihkan kalian dengan air itu.” (QS. Al-Anfal[8]: 11)

Jadi ini adalah air dari langit dan bisa membersihkan manusia. Ini menunjukkan bahwa air yang turun dari langit itu suci dan bisa mensucikan. Begitu pula dengan air yang keluar dari bumi yang sifatnya masih asli. Masuk juga dalam air muthlaq ini air sungai. Begitu pula salju. Begitu juga الـــبرد (gumpalan air yang turun di awal-awal hujan). Di negera kita jarang kita melihat al-bard, tapi saya dulu sering melihat bard ini ketika saya belajar di Madinah. Di sana ketika awal-awal hujan biasanya ada gumpalan-gumpalan air. Terlihat ada seperti es batu, tapi kecil-kecil. Begitu pula dengan air sumur.
Selamat menyimak semoga bermanfaat.