Aktualisasi Akhlak Muslim: Hal-Hal Yang Merusak Keistiqamahan #2 l Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A

Rodja TV Rodja TV Videos
158Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Hal-Hal Yang Bisa Merusak Keistiqamahan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Aktualisasi Akhlak Muslim. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 16 Rabiul Awal 1442 H / 02 November 2020 M.

CERAMAH AGAMA ISLAM TENTANG HAL-HAL YANG BISA MERUSAK KEISTIQAMAHAN
Ada banyak faktor yang bisa merusak dan mengganggu keistiqamahan seseorang. Di sini ada dua faktor, yaitu faktor dari dalam diri hamba itu sendiri dan yang kedua faktor luar.

Kita akan bicarakan faktor dari dalam dulu, dari diri manusia itu sendiri. Ada beberapa faktor yang membuat seseorang itu keluar dari jalur keistiqamahannya.

1. KEJAHILAN

Ini sebab yang terbesar, yaitu kejahilan. Kejahilan akan menyebabkan seseorang bisa saja mengutamakan yang mudharat daripada maslahat bagi dirinya. Karena kejahilan dan kedangkalan ilmu seorang hamba bisa saja lebih memilih mudharat daripada maslahat, lebih memilih keburukan daripada kebaikan. Dan hal ini bukan karena ketidaktahuan, tapi karena kejahilan.

Hal itu disebabkan timbangan yang dipakainya menjadi terbalik. Ini akibat pemahamannya yang dangkal atau lemah. Ketiadaan ilmu merupakan musibah. Karena ilmu adalah sumber segala kebaikan. Sedangkan ketiadaan ilmu atau kejahilan adalah sumber segala keburukan.

Kecenderungan seseorang melakukan kedzaliman, pelanggaran, kekejian, mengerjakan apa yang dilarang, sebab utamanya adalah kejahilan atau bisa juga karena ilmu yang salah, pemahaman yang buruk. Dan ini merupakan musibah terbesar dalam hidup seorang hamba.