Mencetak Generasi Rabbani: Perlukah Anak Menguasai Ilmu Dunia l Ustadz Abu Ihsan Al Atsary

Rodja TV Rodja TV Videos
198Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Perlukah Anak Menguasai Ilmu Duniamerupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Mencetak Generasi Rabbani. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 09 Rabi’ul Akhir 1441 H / 24 November 2020 M.

Kajian yang telah kita sampaikan pada pekan yang lalu yaitu urgensi IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) sebagai salah satu bekal yang harus kita berikan untuk anak-anak kita, tentunya sesuai dengan porsinya dan kebutuhannya. Tentunya mereka perlu ilmu-ilmu ini untuk menunjang kehidupan mereka. Salah satunya adalah untuk mencari nafkah dan menghasilkan hal-hal yang positif bagi umat manusia. Dalam hal ini kita sampaikan sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ini adalah izin dari Nabi bahwa juga boleh mendalami ilmu-ilmu dunia. Hal itu tidak larang asalkan untuk hal-hal yang positif dan dalam perkara-perkara yang dibenarkan oleh syariat. Yaitu sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

أَنْتُمْ أَعْلَمُ بِأَمْرِ دُنْيَاكُمْ
“Kamu lebih tahu urusan dunia kamu.” (HR. Muslim)

Dan tentunya ini akan terus berkembang. Urusan dunia di zaman Nabi sangat jauh berbeda dengan urusan dunia di zaman kita hari ini. Dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu kan tidak bisa dibendung dan tidak bisa dihadang juga. Karena itu ilmu juga sebenarnya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seperti sebuah senjata, untuk apa senjata itu digunakan. Bisa jadi senjata itu senjata makan tuan. Ilmu pengetahuan bisa menjadi musuh manusia jika jatuh di tangan orang yang salah dan digunakan untuk hal-hal yang salah. Tapi bila jatuh di tangan orang yang benar dan digunakan untuk kebenaran, maka itu manfaatnya luar biasa dan bisa menjadi salah satu ladang untuk bercocok tanam meraih pahala akhirat.