Al Ilmu Fadhluh Wasyarafuh: Sarana Meraih Ilmu l Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
151Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Sarana Meraih Ilmu adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim, M.A. pada Kamis, 19 Rabiul Awal 1442 H / 05 November 2020 M.

Saat ini kita masih pada di pembahasan segi ke-70 tentang keutamaan ilmu, yaitu keutamaan ilmu dan orang-orang yang berilmu. Pembahasan halaman 103 pada kitab العلم : فضله وشرفه).

Pembahasan kita masih pada perbandingan mana yang lebih utama di antara dua anggota badan, yaitu antara penglihatan atau pendengaran. Setelah semuanya sepakat mengatakan hati adalah anggota badan yang paling utama, maka masing-masing dari para ulama ada yang berbeda pendapat dalam masalah ini. Dan masing-masing ada yang berpendapat bahwa pendengaran lebih utama dan ada pendapat yang kedua yang mengatakan pandangan mata lebih utama.

Kemarin sudah kita baca sampai di pembahasan para ulama yang berpendapat bahwa mata lebih utama. Dengan alasan bahwa mata lebih kuat keterikatannya dengan hati. Di antaranya adalah hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

ليس المخبَر كالمعايِن

“Tidaklah orang yang mendapatkan berita sama dengan orang yang menyaksikan langsung.”

Dalam lafadz yang lain disebutkan:

لَيْسَ الْخَبرُ كالْمُعَايَنةِ

“Tidaklah sama berita itu dengan menyaksikan langsung.”