Kenapa Terkadang Para Ulama Memilih Diam? - Syaikh Abdussalam asy-Syuwai'ir #NasehatUlama

Yufid.TV Yufid.TV Videos
183Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Kenapa Terkadang Para Ulama Memilih Diam? - Syaikh Abdussalam asy-Syuwai'ir #NasehatUlama


Ilmu agama merupakan peninggalan para Nabi kepada umatnya dan diantara umatnya yang mengambil ilmunya adalah para ulama sehingga ada istilah ulama pewaris Nabi, karena para ulama dan ahli ilmu adalah orang -orang yang sangat bersemangat untuk mendapatkan warisan dari Nabi. Allah Subhanahu wa Ta'ala terus menjaga agama dan syariat dengan menjadikan para ulama sebagai perantara antara diri-Nya dengan hamba-hamba-Nya, oleh karena itulah betapa pentingnya para ulama bagi kaum muslimin sehingga kematian dari salah seorang ulama merupakan sebuah musibah bagi kaum muslimin. Oleh karena itu sudah seharusnya kaum muslimin memuliakan para ulama dan tidak menghinakan atau meremehkan mereka bahkan memberikan julukan-julukan yang buruk, seperti julukan manusia pada zaman Hasan al-Bashri yang mengatakan ucapan Hasan al-Bashri seperti sehelai kapas pembersih haidh, demikian pula ada orang yang mengejek ilmunya Imam asy Syafii dan Imam Abu Hanifah hanya sebatas celana dalam wanita, atau mungkin di zaman sekarang ada julukan ulama haid dan nifas, ulama wahabi dalam artian negatif dan julukan-julukan lainnya.

Sehingga bagi para penuntut ilmu perlu memperhatikan pentingnya adab menuntut ilmu dalam Islam, khususnya dalam mengambil ilmu dari para ulama. Ada sebuah permasalahan yang mungkin sering kita jumpai yaitu diamnya ulama ketika ulama ditanya. Mengapa ulama diam? diamnya para ulama dalam beberapa kondisi dan keengganannya untuk berkata dalam keadaan tertentu sebenarnya sudah menjadi penjelasan. Diantarannya adalah tidak yakin mana pendapat yang benar atau tidak jelasnya suatu permasalahan, bisa juga ulama diam sebagai bentuk pendidikan bagi muridnya, dan sebab lainnya yang kalau kita cermati ada banyak hikmahnya. Terhadap sikap diam para ulama tersebut hendaknya seorang penuntut ilmu harus pandai mengambil sikap yang baik terhadap ulama dan tidak mudah memberikan penilaian yang buruk.

Pada zaman saat ini ulama sebagai pewaris para Nabi ada di berbagai penjuru dunia, seperti Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab, Syaikh bin Baz, syaikh Albani dan banyak lagi yang lainnya para ulama baik yang sudah wafat maupun yang masih hidup, siapakah Syaikh bin Baz dan Syaikh Albani mungkin sebagian dari kita sudah mengenalnya dengan baik melalui karya-karya mereka atau nasehat-nasehat mereka. Demikian pula kita hendaknya mengenal kita dan meneladani ulama indonesia maupun ulama nusantara, diantaranya KH Hasyim Asy'ari, KH Ahmad Dahlan, Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah al-Banjari, syaikh Muhammad Nawawi bin ‘Umar al-Bantani dan lain sebagainya yang sebagian dari mereka tidak hanya masyhur di Indonesia namun juga di belahan bumi lainnya.

#NasehatUlama #DiamnyaUlama

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se