Aktualisasi Akhlak Muslim: Jujur Dalam Perkataan dan Perbuatan l Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
5Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

CERAMAH AGAMA ISLAM TENTANG JUJUR DALAM PERKATAAN DAN PERBUATAN
Apabila disebut kata “jujur”, maka pikiran kita langsung tertuju pada ucapan atau perkataan. Jujur itu kita identikkan dengan ucapan atau perkataan yang jujur. Sehingga dinyatakan bahwa kejujuran pada ucapan adalah bentuk kejujuran yang dikenal oleh semua umat manusia. Seseorang dikatakan jujur apabila menyatakan kebenaran sesuai dengan fakta yang ada tanpa menambah-nambahi ataupun mengurang-ngurangi.

Jujur juga bermakna kesesuaian kata hati dengan ucapan. Jika salah satu tidak terpenuhi, maka ia belum bisa disebut sebagai kejujuran. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutamakan lisan daripada anggota tubuh lainnya di dalam mengamalkan kejujuran. Allah mengangkat derajat seorang hamba dengan menjadikannya mampu mengucapkan kalimat tauhid, syahadat Laa Ilaaha Illallah.

Oleh karena itu tidak sepantasnya seorang muslim membiarkan indra yang dimuliakan ini melakukan kejahatan. Dan salah satu kejahatan lisan adalah berbohong. Apabila sampai terbiasa dengan kebiasaan yang merupakan salah satu sifat orang munafik ini, maka dia bisa binasa karena anggota tubuhnya ini.