Aktualisasi Akhlak Muslim: Ancaman Bagi Pendusta l Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
206Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Jujur dalam Amalan-Amalan Hati adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Aktualisasi Akhlak Muslim. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 14 Rabiul Akhir 1442 H / 30 November 2020 M.

CERAMAH AGAMA ISLAM TENTANG JUJUR DALAM AMALAN-AMALAN HATI
Kita telah jelaskan bahwa kejujuran merupakan tingkatan martabat di bawah kenabian. Dan seorang hamba mukmin harus jujur dalam semua dimensinya, baik itu jujur di dalam perkataannya, perbuatannya, maupun amalan hatinya, niat maksud dan tujuannya, yang itu hanya Allah yang tahu dan pemilik hati tersebut.

Maka pada pertemuan kali ini kita akan membahas dimensi-dimensi kejujuran. Bahwa jujur bukan hanya dalam ucapan, walaupun ketika kita berbicara “kejujuran” yang terlintas dalam benak kita adalah jujur dalam perkataan. Itu salah satu dimensi jujur dan ada dimensi lainnya, yaitu jujur dalam amal-amal hati kita. Jujur dalam cinta, jujur dalam rasa sayang, cinta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, khauf, tawakal, dan amalan-amalan hati lainnya.

Termuask di dalamnya adalah jujur dalam keikhlasan, dalam niat yang menjadi salah satu syarat diterimanya sebuah amal. Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menilai sejauh mana kejujuran kita di dalam keikhlasan. Dan kejujuran dalam beramal itu bergantung kepada tingkat kejujuran di dalam keikhlasan. Jika seorang hamba beramal bukan karena Allah, tapi karena yang lainnya, berarti dia tidak jujur dalam niatnya. Bahkan bisa dikatakan dia telah berdusta dan Allah akan vonis dia berdusta.

--------------------------------------------

Mari dukung dakwah tauhid dan sunnah melalui Radio Rodja dan Rodja TV. Salurkan infak Anda melalui rekening khusus operasional:⁣

Bank Syariah Mandiri⁣
756 1212 001⁣
a.n. Yayasan Cahaya Sunnah⁣
Kode Bank 451⁣

Untuk informasi dan konfirmasi (SMS/WA) di: 0812 1454 6543⁣

Setiap rupiah yang Anda infakkan akan sangat membantu tersiarnya dakwah tauhid dan sunnah melalui Radio Rodja dan Rodja TV ke seluruh penjuru Nusantara. ⁣

Jazakumullahu khairan.⁣