Mukadimah Kitab Tablis Iblis - Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
177Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Mukaddimah Kajian Kitab Talbis Iblis adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 05 Jumadil Akhir 1442 H / 18 Januari 2021 M.

CERAMAH AGAMA ISLAM TENTANG MUKADDIMAH KAJIAN KITAB TALBIS IBLIS
Pada kajian kali ini kita akan membahas sebuah buku yang berjudul Talbis Iblis yang ditulis oleh Jamaludin Abul Farj ‘Abdurrahman bin ‘Ali bin Muhammad Al-Baghdadi atau dikenal juga dengan sebutan Ibnul Jauzi. Ibnul Jauzi dilahirkan di Dar Al-Habib pada tahun 510 Hijriyah.

KARUNIA ALLAH BERUPA AKAL

Di mukaddimah, Ibnul Jauzi bercerita tentang akal yang merupakan nikmat terbesar yang dikaruniakan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada manusia. Dengan akal ini manusia bisa mengenal Allah dan mengenal utusan-utusan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan membenarkan hujjah-hujjah yang mereka bawa. Sehingga manusia mengetahui apa yang diinginkan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada manusia.

Hanya saja, ketika akal tidak mampu untuk menegakkan semua hal yang dikehendaki dari manusia, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala pun mengutus para Rasul membawa kitab-kitab suci untuk membimbing dan mengarahkan manusia kepada pencipta mereka.

Syariat ibarat matahari dan akal laksana mata. Ketika mata terbuka dan dalam keadaan normal, tentu ia akan dapat menyaksikan matahari yang terang benderang. Adapun kalau mata sakit, rabun atau bahkan buta, maka matahari seterang apapun, maka dia tidak akan bisa melihatnya.

Ini perumpamaan yang sangat indah terhadap orang-orang yang akal mereka seperti mata yang dapat melihat keindahan syariat yang Allah Subhanahu wa Ta’ala kirimkan bersama Nabi dan Rasul. Mereka melihat keindahan syariat itu dan mereka pun mengikuti dan melaksanakan.