Zadul Mustaqni: Kitab Jual Beli bab Wakaf #1 l Ustadz Dr. Erwandi Tarmidizi, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
174Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Bab Wakaf merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. dalam pembahasan Kitab Zadul Mustaqni. Kajian ini disampaikan pada Kamis, 08 Jumadil Akhir 1442 H / 21 Januari 2021 M.

Wakaf adalah satu bab yang penting dan dilaksanakan oleh hampir seluruh para sahabat, tidak satu pun sahabat melainkan telah mewakafkan apa yang mereka miliki. Bahkan Khalid bin Walid mewakafkan peralatan perang dan baju besinya. Mestinya apa yang mereka miliki, maka mereka berusaha mewakafkannya mengingat akan besarnya ganjaran wakaf tersebut berbeda dengan sedekah biasa. Allah berfirman:

لَن تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ
“Kalian tidak akan mendapatkan kebaikan yang sesungguhnya sampai kalian mengeluarkan dari kepemilikan kalian harta yang paling kalian cintai.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 92)

Maka para sahabat ketika mendengar ayat ini mereka berlomba-lomba memberikan harta yang mereka cintai untuk Allah. ‘Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘Anhu mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan mengatakan: “Ya Rasulullah, aku tidak pernah memiliki harta yang paling aku cintai melebihi bagian rampasan perang di Khaibar.”

Khaibar adalah perkampungan Yahudi dan merupakan perkebunan kurma terbaik di sekitar Madinah. Ketika Yahudi dikeluarkan karena mereka melanggar perjanjian, maka perkebunan tersebut dibagi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepada para sahabatnya yang ikut perang Khaibar tersebut.

Selamat menyimak semoga bermanfaat.