Zadul Mustaqni: Kitab Jual Beli. Al Ghosob #4 l Ustadz Dr. Erwandi Tarmidizi, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
3Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Jika Barang Yang Dirampas Sudah Menjadi Benda Yang Lain merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. dalam pembahasan Kitab Zadul Mustaqni. Kajian ini disampaikan pada Kamis, 9 Dzulhijjah 1441 H / 30 Juli 2020 M.

Kita telah menjelaskan beberapa cabang-cabang dari kaidah yang dijelaskan oleh Mualif. Sekarang kita akan melanjutkan dalam perubahan dari barang yang dirampas menjadi barang yang lain, bagaimana ketentuannya? Sebelumnya berubah juga tetapi perubahannya tidak menjadi barang lain, dia bertambah nilainya. Sekarang yang dia berubah menjadi barang lain dan tidak bisa kembali menjadi barang yang saat dirampasnya.

Mualif berkata:

وإن ضرب المصوغ ونسج الغزل وقصر الثوب أو بغصب ونجر الخشبة ونحوه أو صار الحب زرعا والبيضة فرخا والنوى غرسا رده وأرش نقصه ولا شيء للغاصب ويلزمه ضمان نقصه.
Dan apabila perhiasan dirubah menjadi mata uang dan juga benang yang dirajut dan mencuci pakaian atau mencelupkan pakaian dan merubah warnanya dengan cara ghashab atau merubah kayu dan yang semisalnya atau biji-bijian yang berubah menjadi tanaman dan telur yang berubah menjadi anak ayam dan benih kurma yang menjadi tanaman, maka dia kembalikan dan memberikan kompensasi dari kekurangannya dan tidak ada sedikitpun bagian bagi yang merampas.