Sebab-Sebab Suul Khatimah - Ustada Ali Nur, Lc.

Rodja TV Rodja TV Videos
133Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Sebab-Sebab Su’ul Khatimah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 3 Rajab 1442 H / 15 Februari 2021 M.

Su’ul Khatimah artinya dia menyudahi usianya dengan suatu hal yang buruk seperti melakukan kemaksiatan atau perkara apa saja yang dimurkai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Terkadang seseorang menampakkan keislamannya, beramal, namun tidak jarang usianya diakhiri dengan perbuatan-perbuatan yang dimurkai Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Syaikh Shiddiq Hassan Khan berkata:

وله أسباب يجب على المؤمن أن يحترز عنها
“Kematian dalam keadaan yang buruk, ini dikarenakan sebab-sebab yang seharusnya seorang mukmin menjauhkan diri dari sebab-sebab ini.”

Beliau mengatakan bahwa di antara sebab-sebab tersebut adalah:

1. RUSAKNYA KEYAKINAN

Mungkin ada di antara kaum muslimin yang memiliki keyakinan-keyakinan yang bertentangan dengan aqidah Islamiyah yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Walaupun dia seorang yang terlihat shalih dan zuhud, tetapi kalau aqidahnya bertentangan dengan aqidah yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka keshalihannya itu menjadi sia-sia. Karena aqidah merupakan asas dari keislaman seseorang. Jika aqidahnya rusak, maka rusaklah semua amalannya.