Ganti Nama, Apakah Aqiqah Lagi? - Poster Dakwah Yufid TV

Yufid.TV Yufid.TV Videos
775Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Ganti Nama, Apakah Aqiqah Lagi? - Poster Dakwah Yufid TV

Hukum aqiqah terkait dengan kelahiran anak dan bukan atas dasar pemberian nama. Tata cara akikah telah mafhum pelaksanaannya, sebagaimana uraian di dalam dalil akikah. Dalil Aqiqah yang paling terang berasal dari hadits Buraidah radhiyallahu 'anhu. Jadi, pertanyaan: Ganti nama apakah aqiqah lagi? Sama sekali tidak berdasar. Ada beberapa ibadah yang dikaitkan dengan sebab tertentu, baik ibadah fisik, maupun ibadah harta. Dan aqiqah hadir dengan sebab kelahiran anak.

Waktu aqiqah pada hari ke-7 atau ke-14 atau ke-21. Aqiqah anak laki laki berupa 2 ekor kambing dan 1 ekor kambing untuk anak perempuan. Hukum makan daging aqiqah adalah dirinci: 1/3 dimakan sendiri, 1/3 diberikan kepada sahabatnya (teman-teman orang tuanya), dan 1/3 desedekahkan kepada kaum muslimin. Tujuan aqiqah salah satu hikmahnya ialah agar anak tidak tergadaikan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Semua anak yg lahir tergadaikan dengan ‘aqiqahnya.”

Sekarang marilah kita memasuki serba-serbi aqiqah, seperti hukum aqiqah setelah dewasa dan hukum aqiqah diri sendiri yang sifatnya tidak memaksa. Yang mana gugur ketika dewasa, dan tidak perlu karena tidak ada dalil yang mendukungnya. Lalu apa itu hukum aqiqah? Hukum aqiqah adalah sunnah muakkadah. Sebagaimana halnya hukum aqiqah dan qurban, keduanya membutuhkan perincian.

Masih ada lagi: bagaimana hukum aqiqah bagi yang tidak mampu? atau bagaimana jika sudah menikah tapi belum aqiqah? atau aqiqah dan qurban mana yang didahulukan? Ataukah boleh hukum aqiqah dan qurban bersamaan? Atau penting mana aqiqah dan qurban? By the way, mengganti nama dalam Islam terjadi dengan sebab, karena nama asalnya bermakna negatif, yang demikian boleh diganti dan tidak ada pensyariatan untuk aqiqah lagi.

#aqiqah #gantinama #hukumaqiqah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se