Rofif Kids : Menguap, Awas Setan!

Kids Video Anak Sunnah Kids Video Anak Sunnah Videos
256Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Sobat Rofif, di antara adab yang diajarkan Islam ketika menguap adalah berusaha menahannya sebisa mungkin. Tidak membiarkan mulut ternganga dan terbuka ketika menguap.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan Yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Menguap adalah tarikan napas yang dalam melalui rongga mulut. Sedangkan mulut sendiri tidak ‎diciptakan sebagai alat pernapasan alami. Hal ini karena mulut tidak dilengkapi dengan sistem ‎penyaring udara sebagaimana pada hidung. Jika mulut terbuka lebar saat menguap, masuklah ‎berbagai mikroba, debu, dan polutan bersama udara yang terhirup. Jadi, pantaslah bila menguap ‎dinisbatkkan kepada setan, karena ia membawa mudarat bagi manusia.‎
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Sebab itulah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan agar kita menahannya sebisa mungkin. ‎Atau menutup mulut dengan tangan saat menguap.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga video edukasi dari Rofif Kids ini bisa memberikan banyak manfaat, terutama bagi teman-teman yang belum mengetahui adab seperti ini. Jangan lupa share dan subscribe ya :)




Follow di Instagram : @rofifkids

Subscribe juga di YouTube : Rumaysho TV