BANYAKNYA PINTU KEBAIKAN - USTADZ DENI SAPUTRA, Lc., MA

Ashiil TV Ashiil TV Videos
140Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Bulan ramadhan adalah bulan yang memiliki keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan selainnya. bulan dimana Allah Subhanahu wa Ta'ala seru kita hamba-hamba-Nya untuk kembali kepada-Nya, bulan dimana Allah bukakan pintu surga dan menutup pintu neraka. inilah bulan yang dimana pintu-pintu kebaikan dimudahkan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِى مُنَادٍ يَا بَاغِىَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِىَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

“Pada malam pertama bulan Ramadhan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, ketika itu ada yang menyeru: “Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan” (HR. Tirmidzi no. 682 dan Ibnu Majah no. 1642) Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Bagi yang menjumpai bulan ramadhan maka diwajibkan untuk berpuasa baginya, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ
"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah.."(QS. Al Baqarah : 185)

Sebagai hamba yang tak luput dari dosa maka inilah momentumnya. dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari, no. 37 dan Muslim, no. 759)

Alangkah meruginya kita bila melewati bulan suci ramadhan namun dosa-dosa belum juga di ampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala sungguh hanya ada penyeselan. maka mumpung kita masih berada didalamnya mari kejar dan didiklah jiwa-jiwa yang mungkin selama ini dalam kelalailan, gapailah ampunan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala tinggalkan apapun yang membuat ibadah puasa kita menjadi rusak bahkan sirna karna maksiat yang terus saja kita kerjakan.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan hidayah dan taufiq bagi kita semua.


------------------------⁣⁣⁣⁣

Mari dukung dakwah Sunnah melalui Ashiil TV⁣⁣⁣⁣⁣⁣
salurkan Infaq Anda untuk operasioanl dakwah Ashiil TV melalui rekening :⁣⁣⁣⁣⁣⁣
⁣⁣⁣⁣⁣⁣
Transfer ke rekening:⁣⁣⁣⁣⁣⁣
🏧 BNI SYARIAH⁣⁣⁣⁣⁣⁣
a/n : ASHIIL CAHAYA TAUHID⁣⁣⁣⁣⁣⁣
No. Rek : 81 755 0707 9⁣⁣⁣⁣⁣⁣
Kode Bank : 427⁣⁣⁣⁣⁣⁣
⁣⁣⁣⁣⁣⁣
Konfirmasi transfer :⁣⁣⁣⁣⁣⁣
⁣⁣⁣⁣⁣⁣
📱 1. 0812-70805555⁣⁣⁣⁣⁣⁣
📱 2. 0812-75108058⁣⁣⁣⁣⁣⁣