Ahlul Bid'ah terpecah belah dalam Masalah Nama dan Sifat Allah - Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
176Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Ahlul Bid'ah terpecah belah dalam Masalah Nama dan Sifat Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 29 Sya’ban 1442 H / 12 April 2021 M.

CERAMAH AGAMA ISLAM TENTANG PECAHAN-PECAHAN DARI KELOMPOK JAHMIYAH
Kita membahas satu kelompok yang menyimpang di dalam bab nama dan sifat Allah, mereka melakukan pengingkaran/penolakan terhadap nama-nama dan sifat-sifat Allah, yaitu kelompok Jahmiyah. Kelompok ini juga terpecah-pecah menjadi beberapa kelompok. Salah satu di antaranya yang sudah kita sebutkan yaitu Al-Mu’attilah. Inti dari pemikiran mereka adalah mengingkari nama dan sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala, atau kandungan sifat yang terdapat didalam nama-nama Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jadi hanya sebatas nama tidak ada sifat yang terkandung didalamnya.

Dan di antara keyakinan mereka yang menyimpang dari sunnah adalah keyakinan bahwa Allah tidak akan bisa dilihat oleh manusia, baik di dunia maupun di akhirat. Mereka menyatakan kafir orang-orang yang meyakini Allah bisa dilihat di surga. Dalam hal ini tentunya mereka mengingkari hadits-hadits yang sangat banyak, bahkan disebut oleh para ulama sebagai hadits mutawatir bahwa orang-orang beriman akan melihat Allah Subhanahu wa Ta’ala di surga pada hari kiamat nanti.

Haditsnya diriwayatkan dari puluhan sahabat dan dishahihkan oleh para imam-imam Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Kelompok ini mengingkari hal itu. Tentunya ini menyimpang dari kesepakatan Ahlus Sunnah wal Jama’ah di dalam masalah tersebut.