Sedikitnya Majelis Ilmu di Zaman Ini - Rumaysho TV

Rumaysho TV Rumaysho TV Videos
166Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Tidak bisa dimungkiri, pada zaman sekarang orang yang datang ke majelis ilmu itu lebih sedikit dibanding orang yang datang ke konser musik, cafe, alun-alun, atau bioskop. Orang yang datang ke tempat-tempat penuh godaan syahwat tadi berdalih bahwa mereka mencari kesenangan jiwa, self healing, atau tujuan-tujuan buruk yang lebih dari itu.

Padahal, hati yang gersang atau jiwa yang tandus akan gemerlapnya dunia hanya bisa diobati dengan mendatangi majelis ilmu. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat, dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim, no. 2699).

Sungguh miris melihat keadaan di zaman sekarang, di mana orang rela mengeluarkan biaya mahal hanya untuk bisa datang ke tempat-tempat yang penuh kesia-siaan tadi dibanding datang ke majelis ilmu meski dengan biaya gratis. Maka tak heran jika ilmu agama semakin lama akan semakin terkikis keberadaannya mendekati akhir zaman.

Imam Adz-Dzahabi rahimahullah berkata, “Adapun hari ini, ilmu sedikit yang tersisa hanyalah sedikit yang ditemui pada orang-orang yang jumlahnya pun sedikit. Yang mengamalkannya pun sedikit. Hasbunallah wa ni’mal wakil, hanya Allah yang memberikan kecukupan dan pertolongan” (Tadzkirah Al-Hafizh, 3:1031).

Wallahu waliyyut taufiq was sadaad.
-

*
►► SUBSCRIBE di sini untuk mengenal Islam lebih dekat: https://www.youtube.com/channel/UC42PJ3sXqYJwSMPtiWCTfew?sub_confirmation=1
*
Follow Us:

Twitter @RumayshoCom
https://twitter.com/RumayshoCom

Instagram @RumayshoCom
https://www.instagram.com/rumayshocom/

Facebook Muhammad Abduh Tuasikal
https://www.facebook.com/muhammad.tuasikal

Fans Page Rumaysho di Facebook
https://www.facebook.com/rumaysho/

Channel Telegram
https://telegram.me/rumayshocom

*
YUK DUKUNG DAKWAH!

Rekening Donasi Darush Sholihin dan RumayshoCom:

BANK SYARIAH MANDIRI: 7068.478.612 • BANK RAKYAT INDONESIA: 015.301.000.406.566
atas nama Yayasan Darush Sholihin

Konfirmasi Donasi: 0823-1395-0500

INFO DONASI: 0811-2677-791
*
Tentang Darush Sholihin, bisa dilihat di playlist:
https://www.youtube.com/playlist?list=PLUYZIGi0rAXCTZxGON5uaRA2dO_Le5LbP
*
SILAKAN SEBAR VIDEO-VIDEO YANG ADA DENGAN TETAP MENCANTUMKAN RUMAYSHO TV