Alat Musik yang Diperbolehkan - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. - 5 Menit yang Menginspirasi

Yufid.TV Yufid.TV Videos
206Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Alat Musik yang Diperbolehkan - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. - 5 Menit yang Menginspirasi

Musik dan nyanyian merupakan perkara yang dianggap lumrah pada zaman sekarang ini, padahal bagaimana hukum musik dan nyanyian dalam Islam sudah sejak zaman dahulu dikaji dan para ulama sejak zaman dahulu kala telah membahas hukum musik menurut Islam. Sahabat Ibnu Mas'ud tentang hukum nyanyian dan alat musik dalam Islam mengatakan bahwa nyanyian menumbuhkan kemunafikan sebagaimana air menumbuhkan tanaman, ‘Umar bin ‘Abdul Aziz juga berbicara tentang hukum musik dan nyanyian mengatakan bahwa nyanyian itu berasal dari setan dan mendatangkan murka Allah Ta'ala.

Begitu pula hukum musik menurut 4 madzhab juga dibahas dalam kitab-kitab mereka, salah satunya adalah hukum musik menurut Imam Syafi'i yang mengatakan bahwa nyanyian adalah sebuah kebatilan. Begitulah pandangan para ulama zaman dahulu terkait tentang apa hukum mendengarkan musik dan nyanyian, para ulama zaman sekarang juga telah membahas tentang apa hukum musik dan nyanyian, hukum bermain musik, alat musik yang diharamkan dan lain sebagainya terkait musik dan nyanyian.

Selain itu yang hendaknya juga diperhatikan adalah termasuk tentang alat musik yang diperbolehkan dan alat musik yang boleh dimainkan dalam Islam, mengingat ada alat musik yang dibolehkan dalam Islam dan ada alat musik yang tidak boleh dalam Islam

Demikianlah apa hukum musik dalam Islam dan apa hukum musik menurut Islam yang hendaknya diperhatikan oleh kaum muslimin di zaman ini. Semoga Allah Ta'ala memberikan hidayah dan kekuatan kepada kita untuk menerima semua ketentuan-ketentuannya yang mengatur kehidupan kita di dunia ini demi kemaslahatan kita di dunia dan di akhirat kelak.

#HukumMusik #HukumAlatMusik #HukumNyanyian
*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se