Talbis Iblis Terhadap Ulama dan Terhadap Ahli Hadits - Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
37Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Talbis Iblis Terhadap Ahlul Hadits adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 20 Safar 1443 H / 27 September 2021 M.

KAJIAN ISLAM TENTANG TALBIS IBLIS TERHADAP AHLUL HADITS
Sebagian orang yang berkecimpung di dalam ilmu hadits hanya menitikberatkan satu sisi, lupa pada sisi yang lain. Bahwa ilmu hadits ada macam; ilmu riwayatan (mengetahui validitas hadits) dan dirayatan (memahami hadits-hadits sebagaimana mestinya). Dua-duanya adalah perkara yang penting. Kadang-kadang iblis menyibukkan kita pada satu sisi dari ilmu hadits ini dan melupakan sisi yang lain.

Di lain pihak ada orang yang asyik dengan ilmu hadits dirayatan tapi lupa ilmu hadits riwayatan, sehingga mereka kadang-kadang tidak peduli hadits itu maudhu’ atau dhaif. Akibatnya mereka menggunakan sembarang hadits untuk berhujjah dan berdalil. Ini tentunya satu hal yang keliru.

Salah satu talbis iblis terhadap ahlul hadits adalah di dalam bab jarh dan ta’dil. Ini adalah salah satu cabang yang sangat penting di dalam ilmu hadits. Dan sebenarnya ilmu hadits itu ditegakkan untuk hal ini, yaitu untuk mengetahui keshahihan atau kedhaifan sebuah hadits. Salah satunya bisa diketahui dengan mengetahui kondisi para perawi yang meriwayatkan hadits tersebut. Maka dari itu diperlukan sebuah cabang ilmu yang sangat penting untuk bisa menimbang para perawi tersebut.