Al Ilmu Fadhluh Wasyarafuh: Segi Keutamaan Ilmu ke 107 l Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
244Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Penuntut Ilmu Berada Diatas Jalan Keselamatan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim, M.A. pada Kamis, 19 Dzulhijjah 1442 H / 29 Juli 2021 M.

CERAMAH AGAMA ISLAM TENTANG PENUNTUT ILMU BERADA DIATAS JALAN KESELAMATAN
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas bahwa orang yang berilmu tidak akan dikatakan sebagai Rabbani sampai dia mengamalkan ilmunya dan mengajarkannya kepada orang lain. Golongan pertama ini mungkin susah untuk kita meraihnya, karena ini golongan para Nabi, Rasul dan para ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang mendalam ilmu mereka.

Pada pertemuan kali ini kita membahas golongan kedua. Inilah insyaAllah kebanyakan kita bisa berharap untuk termasuk golongan orang-orang yang mulia ini. Yaitu:

متعلم على سبيل نجاة
“Orang yang belajar di atas jalan keselamatan.”

Artinya adalah seseorang belajar untuk keselamatan dirinya, dia mencari jalan keselamatan dirinya. Dan ilmu jelas merupakan jalan keselamatan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala bentangkan bagi manusia untuk keselamatan dirinya di dunia dan di akhirat. Yaitu orang yang niatnya ikhlas dalam belajar.

Ikhlas adalah syarat utama untuk meraih keselamatan di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahkan ikhlas adalah sebab utama untuk mendapatkan taufik dari Allah agar kita bisa selamat dalam ilmu dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kebaikan diri kita.

Download juga rekaman audionya melalui: https://www.radiorodja.com/50470-penuntut-ilmu-berada-diatas-jalan-keselamatan/