Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah: Manhaj Salaf Membantah Pelaku Yang Menyimpang l Ustadz Abdullah Taslim

Rodja TV Rodja TV Videos
18Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Manhaj Salaf Membantah Pelaku Yang Menyimpang merupakan kajian Islam ilmiah oleh Ustadz Abdullah Taslim, M.A. dalam pembahasan kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah. Kajian ini disampaikan pada 18 Shafar 1443 H / 25 September 2021 M.

Tujuan kita mambahas kitab ini adalah untuk memudahkan kita melakukan At-Tashfiyah wa At-Tarbiyah . Yaitu pembersihan dan mendidik diri serta kaum muslimin di atas pemahaman yang telah bersih dan murni tersebut. Inilah sebabnya para ulama Salaf lebih mengutamakan orang yang ketika menjelaskan agama sekaligus membantah penyimpangan-penyimpangan sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat.

Imam Ahmad bin Hambal Rahimahullahu Ta’ala pernah ditanya: “Seseorang yang beribadah untuk dirinya sendiri, apakah ini lebih kamu sukai daripada orang lain yang dia membahas tentang penyimpangan-penyimpangan bid’ah?” Maka Imam Ahmad bin Hambal Rahimahullahu Ta’ala mengatakan:

إذا قام وصلى واعتكف فإنما هو لنفسه، وإذا تكلم في أهل البدع فإنما هو للمسلمين؛ هذا أفضل
“Kalau dia melaksanakan ibadah shalat, beri’tikaf, maka manfaatnya terbatas pada dirinya sendiri. Tapi kalau dia membantah ahlul bid’ah, maka ini manfaatnya untuk dirinya sendiri dan semua kaum muslimin, maka ini yang lebih utama.”

Pembahasan agama dengan metode seperti ini kita dengarkan dari para Ustadz kita, alhamdulillah akhirnya kita dapat hidayah, mengetahui kesalahan yang selama ini kita lakukan, kemudian kita berhijrah.

Download juga rekaman audionya melalui: https://www.radiorodja.com/50762-manhaj-salaf-membantah-pelaku-yang-menyimpang/