Al Ilmu Fadhluh Wasyarafuh: Keutamaan Ilmu diatas Harga #3 l Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
246Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Perbandingan Ilmu dan Harta Bag 3 adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim, M.A. pada Kamis, 30 Safar 1443 / 07 Oktober 2021 M.

CERAMAH AGAMA ISLAM TENTANG PERBANDINGAN ILMU DAN HARTA BAG 3

Segi-segi kemuliaan ilmu dibandingkan harta.

28. Orang yang dihormati/dikedepankan/dimuliakan karena hartanya, ketika hartanya hilang maka hilang juga penghormatan dan pemuliaan pada dirinya. Karena dia mulia dengan sesuatu yang berasal dari luar dirinya.Berbeda dengan orang yang dikedepankan/dihormati/dimuliakan karena ilmunya, ini tidak menambah bagi dirinya kecuali semakin dihormati dan semakin dimuliakan.Makanya orang-orang yang dimuliakan karena harta ini biasanya kemana-mana dia akan bawa hartanya. Yaitu dengan penampilan, perhiasan dan kekayaannya. Ketika suatu saat dia tidak membawa hartanya, maka dia tidak akan bernilai di mata manusia.

29. Seseorang yang dikedepankan karena hartanya, ini pada hakekatnya celaan bagi dirinya. Karena kalau bukan karena hartanya maka mestinya dia berhak untuk dikebelakangkan dan dihinakan. Adapun dimuliakannya seorang karena ilmunya, maka ini menunjukkan hakekat kesempurnaan pada dirinya. Karena ini berarti mengedepankan dirinya dengan apa yang ada pada dirinya dan sifat yang memang ada padanya.

30. Orang yang mencari kesempurnaan dengan kekayaan harta itu seperti orang yang ingin mengumpulkan dua hal yang bertentangan (artinya tidak mungkin bisa dikumpulkan). Jiwanya akan cenderung berpaling dari sifat dermawan dan dia menyangka kesempurnaan dirinya adalah dengan menahan hartanya. Musibah ini adalah perkara yang menimpa kebanyakan manusia.Jadilah hati manusia selalu ditarik di antara dua panggilan; yaitu antara dermawan atau kikir. Sehingga hatinya ada pada kedudukan yang saling bertentangan di antara keduanya.