Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah Hamba dan RasulNya - Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

  • Rodja TV
  • 01:38:31
  • 2021-11-21
  • 2021-11-21
Rodja TV Rodja TV Videos
175Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah Hamba dan RasulNya adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 30 Muharram 1443 H / 8 September 2021 M.

KAJIAN TENTANG NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM ADALAH HAMBA DAN RASULNYA
Di dalam hadits disebutkan:

وَأَنَّ مُـحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
“Dan bahwasanya siapa yang bersyahadat Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah hamba dan RasulNya.”

Makna اَلْعَبْدُ di sini adalah budaknya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mempunyai gelar yang sangat luar biasa, yaitu Abdullah (hamba Allah) yang benar-benar menghambakan dirinya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

أَلَيْسَ اللَّهُ بِكَافٍ عَبْدَهُ
“Bukankah Allah yang mencukupkan hambaNya.” (QS. Az-Zumar[39]: 36)

Yang dimaksud “HambaNya” dalam ayat ini adalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Ini merupakan sifat khusus dan gelar mulia yang dimiliki Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Karena seorang hamba akan mulia ketika dia menghambakan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Derajat tertinggi seorang hamba adalah penghambaan yang khusus dan menjadi seorang Rasul. Maka Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah orang yang paling sempurna didalam dua sifat ini. Adapun rububiyah (kekuasaan, penciptaan, pengaturan) dan uluhiyah (seluruh ibadah), maka keduanya adalah hak Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tidak ada yang mensyarikati Allah dalam sedikitpun dari keduanya (rububiyah dan uluhiyah) tersebut, baik itu malaikat yang sangat dekat kedudukannya dengan Allah atau Nabi yang menjadi rasul-rasul Allah.

——————————————————————-

Mari dukung dakwah tauhid dan sunnah melalui Radio Rodja dan Rodja TV. Salurkan infak Anda melalui rekening khusus operasional:

Bank Syariah Indonesia (BSI)
756 1212 001
a.n. Yayasan Cahaya Sunnah
Kode Bank 451

Daftarkan juga diri Anda sebagai muhsinin (donatur) tetap Radio Rodja dan Rodja TV, untuk informasi dan konfirmasi (SMS/WA) di: 0812 1454 6543

Setiap rupiah yang Anda infakkan akan sangat membantu tersiarnya dakwah tauhid dan sunnah melalui Radio Rodja dan Rodja TV ke seluruh penjuru Nusantara.

Jazakumullahu khairan.

Untuk dapat menyimak siaran Rodja TV dirumah dengan memasang antena parabola melalui:

Outlet Rodja Parabola
Pemasangan Parabola dan Service
https://wa.me/6281291888756