Talbils Iblis Untuk Menyebarkan Hadits Palsu - Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
365Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Talbil Iblis Untuk Menyebarkan Hadits Palsu adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 27 Safar 1443 H / 04 Oktober 2021 M.

KAJIAN ISLAM TENTANG TALBIL IBLIS UNTUK MENYEBARKAN HADITS PALSU
Di antara talbis iblis terhadap orang-orang yang berbicara tentang hadits adalah meriwayatkan hadits-hadits maudhu’ (palsu). Bahkan dahulu para pemalsu hadits -terutama tentang fadhilah surah Al-Qur’an- beralasan bahwa mereka melakukan itu untuk membela Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Tentu ini alasan yang tidak bisa diterima, karena mereka melanggar sendiri sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

إِنَّ كَذِبًا عَلَىَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ ، مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ
“Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta pada selainku. Barangsiapa yang berkata atas namaku (yang aku tidak katakan) secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi alasan mereka itu tidak bisa diterima. Mereka beralasan melakukan itu untuk Nabi. Supaya orang baca Al-Qur’an maka dibuatlah hadits palsu, supaya orang rajin dzikir dibuatlah hadits-hadits palsu tentang dzikir-dzikir tertentu. Membaca dengan jumlah sekian dan sekian yang kadang-kadang tidak masuk akal.

Selamat menyimak kajian yang penuh manfaat ini.