Mencetak Generasi Rabbani: Hadits-Hadits Nabi Tentang Pendidikan - Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.

Rodja TV Rodja TV Videos
182Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Hadits-Hadits Nabi Tentang Pendidikan merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Mencetak Generasi Rabbani. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 13 Rabiul Awal 1443 H / 19 Oktober 2021 M.

KAJIAN ISLAM ILMIAH TENTANG HADITS-HADITS NABI TENTANG PENDIDIKAN
Kita telah sampai pada lampiran kedua, yaitu hadits-hadits Nabi yang mungkin perlu kita sampaikan kepada anak-anak, khususnya yang berkaitan dengan tarbiyah ataupun pendidikan.

Di antaranya hadits yang sangat populer, dan ini adalah salah satu dasar di dalam memberikan pelajaran kepada anak-anak. Yaitu hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

يَا غُلاَمُ إِنّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ فَحْفَظْ هُنَّا
“Wahai bocah, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa pelajaran dan ingatlah pelajaran itu.”

Ini adalah salah satu faidah agar para pendidik menyampaikan kata-kata yang memancing perhatian ataupun atensi dari anak didik kita. Misalnya seperti panggilan ‘Ya Ghulam,’ atau ‘Ya Bunayya,’ dan seterusnya. Ini juga berguna untuk menunjukkan keakraban kepada anak-anak didik kita.

Hal ini perlu, karena hati mereka bukan ditangan kita, tapi di tangan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mudah-mudahan dengan kata-kata yang memancing perhatiannya dan menumbuhkan keakraban itu hatinya lebih siap menerima dan lebih terbuka.