Al-Furqan Min Qashashil Qur’an: Pelajaran dari Kisah Ashabul Ukhdud - Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi

Rodja TV Rodja TV Videos
132Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Allah Mengangkat Derajat Orang Yang Rendah Hati adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 19 Rabi’ul Awal 1443 H / 25 Oktober 2021 M.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah Ashabul Ukhdud adalah sebagai berikut:

4. BARANGSIAPA YANG RENDAH HATI KARENA ALLAH, MAKA ALLAH AKAN MENGANGKAT DERAJATNYA

Pelajaran ini diambil dari sabda Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwa anak muda itu mendatangi Rahib dan mengabarkan apa yang telah terjadi. Dimana anak muda itu dengan izin Allah membunuh binatang besar yang menghalangi manusia.

Kemudian Rahib berkata: “Wahai anakku, engkau hari ini sudah lebih mulia dariku. Sungguh engkau telah sampai kepada perkaramu dari apa yang aku lihat ini.”

Ini pelajaran yang sangat besar tentang masalah tawadhu’. Kami khususkan hal ini untuk ahlul ilmi, para Dai dan juga selain mereka.

Dari sini kita tahu tentang tawadhu’nya Si Rahib. Hakikatnya Rahib itu lebih utama dari anak muda tadi. Karena dia yang mengajarkan anak muda itu tauhid. Seandainya tidak bertemu dengan Rahib dan tidak diajarkan tauhid, mungkin anak muda ini sudah menjadi tukang sihir besar.