Mencetak Generasi Rabbani: Menumbuhkan Kepedulian Sosial Pada Anak - Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A

Rodja TV Rodja TV Videos
279Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Menumbuhkan Kepedulian Sosial Pada Anak merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Mencetak Generasi Rabbani. Kajian ini disampaikan pada Selasa 27 Rabi’ul Awal 1443H / 02 November 2021.

KAJIAN ISLAM ILMIAH TENTANG MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SOSIAL PADA ANAK
Pesan untuk berbuat baik kepada teman dan tetangga adalah perkara yang berkaitan dengan habluminannas. Anak-anak harus diajari, didik, diarahkan bagaimana dia membangun hubungan dengan orang-orang sekitar. Misalnya dengan temannya, dengan tetangga, dengan orang-orang yang ada di dekatnya. Ini penting bagi anak tersebut, hingga dia memiliki attitude/perangai/adab yang baik ketika berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah berkata:

خَيْرُ الْأَصْحَابِ عِنْدَ اللَّهِ خَيْرُهُمْ لِصَاحِبِهِ وَخَيْرُ الْجِيرَانِ عِنْدَ اللَّهِ خَيْرُهُمْ لِجَارِهِ
“Sebaik-baik sahabat disisi Allah adalah orang yang paling baik kepada sahabatnya, sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah orang yang paling baik terhadap tetangganya.” (HR. Tirmidzi)

Ini berisi pesan kepada kita semua agar menjadi orang yang baik kepada sahabat dan juga kepada tetangga. Mereka adalah orang-orang yang kerap kali berhubungan dengan kita di dalam hidup. Dan anak-anak harus dilatih untuk bisa memiliki adab dan etika yang baik ketika bergaul dengan temannya. Jangan biarkan anak suka mengganggu temannya.