Rukun-rukun Ibadah dan Dasarnya - Ustadz Ahmad Firdaus, Lc. - Ceramah Agama

Yufid.TV Yufid.TV Videos
229Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Rukun-rukun Ibadah dan Dasarnya - Ustadz Ahmad Firdaus, Lc. - Ceramah Agama

Ibadah seorang hamba harus dibangun di atas tiga rukun, yang ketiganya harus terkumpul seluruhnya dalam diri setiap muslim. Ibadah seseorang tidaklah akan benar dan sempurna kecuali dengan adanya rukun-rukun tersebut. Tiga hal itu adalah “cinta, takut, dan harap”. Maka seorang hamba harus menghadirkan ketiga rukun ini, yaitu cinta, harap, sekaligus takut di dalam setiap ibadahnya, jika hilang salah satunya maka ibadahnya menjadi tidak sempurna. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Mereka (para nabi dan orang-orang shaleh yang diseru oleh orang-orang kafir) juga berharap dengan mencari wasilah (amal shalih) agar dapat dekat kepada Allah Ta’ala, (saling berlomba) mana diantara mereka yang paling dekat kepada-Nya dan mereka juga berharap rahmat Allah dan mereka juga takut akan adzab Allah. Sungguh adzab Tuhanmu memang harus ditakuti.” (QS. Al Israa’ : 57)

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Si’di rahimahullah menjelaskan ayat di atas, “Cinta, harap, dan takut merupakan tiga karakter yang disifatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala pada diri orang orang shaleh yang dekat dengan-Nya. Tiga hal ini merupakan pondasi sekaligus inti segala kebaikan. Apabila sempurna ketiganya, maka sempurna pula kebaikannya. Apabila tiga hal ini tidak ada dalam hatinya ketika melaksanakan ibadah, maka berkurang pula, atau bahkan lenyap nilai kebaikan darinya dan dia akan di lingkupi dengan kejelekan”. (Taisirul Karimir Rahman, hal.435)

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se