Sifat Fi'liyah bagi Allah Sifat Nuzul Turun ke Langit Dunia - Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan

Rodja TV Rodja TV Videos
429Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Allah Turun Ke Langit Bumi ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah Tentang Nama-Nama Allah dan Sifat-SifatNya. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 23 Rabiul Awal 1443 H / 29 Oktober 2021 M.

KAJIAN TENTANG ALLAH TURUN KE LANGIT BUMI
Allah Subhanahu wa Ta’ala turun ke langit bumi di sepertiga malam terakhir. Terjadi penyimpangan di dalam memahami sifat ini dari kalangan ahlul kalam, sebagaimana tradisi mereka di dalam mempelajari sifat-sifat Allah. Tidak diragukan bahwa ahlul kalam mengingkari sifat ini.

Adapun Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang mengikuti Rasulullah, mengikuti para sahabatnya, mengikuti imam-imam Ahlus Sunnah dari dahulu sampai saat ini, mereka semua sepakat di dalam mengimani seluruh sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala, termasuk sifat an-nuzul (turunnya Allah Subhanahu wa Ta’ala) ke langit dunia di sepertiga malam terakhir.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ اْلآخِرُ، يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ، مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرُ لَهُ
“Rabb kami Tabaaraka wa Ta’alaa turun ke langit dunia pada setiap malam ketika tinggal sepertiga malam terakhir, lalu berfirman: ‘Barangsiapa yang berdo’a kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan do’anya, barangsiapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku akan penuhi permintaannya, dan barangsiapa yang memohon ampunan kepadaKu, maka Aku akan mengampuninya.’” (HR. Bukhari dan Muslim)