Apa yang Perlu Kita Lakukan ketika Tahun Baru? - Poster Dakwah Yufid TV

Yufid.TV Yufid.TV Videos
227Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Apa yang Perlu Kita Lakukan ketika Tahun Baru? - Poster Dakwah Yufid TV

Perayaan malam tahun baru 2022 dinantikan banyak manusia. Kapan tahun baru 2022? Yaitu tanggal 1 Januari 2022 atau beberapa hari lagi. Di dalam perayaan tahun baru masehi terdapat berbagai macam kegiatan yang mengundang perhatian banyak orang. Salah satu acara tahun baru yaitu begadang menunggung malam pergantian tahun. Selain itu masih banyak ide acara tahun baru yang dilakukan untuk merayakan tahun baru.

Apa hukum merayakan malam tahun baru? Sebelum anda ikut-ikutan merayakan tahun baru alangkah baiknya mengkaji ilmu berkaitan dengan hukum-hukum perayaan tahun baru menurut Islam. Sebab kebahagiaan sesaat yang anda rasakan ketika merayakan tahun baru sangat tidak sebanding dengan dosa yang harus ditanggung. Dalil larangan perayaan tahun baru yaitu hadits tasabbuh atau hadits tentang menyerupai suatu kaum.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengingatkan,

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

“Siapa yang meniru kebiasaan satu kaum maka dia termasuk bagian dari kaum tersebut.” (HR. Ahmad 5114, Abu Daud 4033 dan dihasankan al-Albani).


Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, "Patokan disebut tasyabbuh adalah jika melakukan sesuatu yang menjadi kekhususan orang yang ditiru. Misalnya yang disebut tasyabbuh pada kafir adalah seorang muslim melakukan sesuatu yang menjadi kekhususan orang kafir. Adapun jika sesuatu sudah tersebar di tengah-tengah kaum muslimin dan tidak jadi kekhasan atau pembeda dengan orang kafir, maka tidak lagi disebut tasyabbuh. Seperti itu tidaklah dihukumi tasyabbuh, namun bisa jadi dinilai haram dari sisi lain." (Majmu’ Fatawa Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, 3: 30).

Salah satu contoh tasyabbuh yang dilarang yaitu merayakan tahun baru.

wallahu a'lam.

Simak juga video- video kajian yufid tv dan ceramah singkat yufid tv bermanfaat lainnya dari chanel yufid tv youtube dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video yufid tv terbaru. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#tahunbaru2022 #hukumtahunbaru #YufidTV

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se