Tafsir Al Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 212 - Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc.

Rodja TV Rodja TV Videos
421Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Kebiasaan Orang Kafir Mencela Orang Beriman – Surah Al-Baqarah Ayat 212 adalah kajian tafsir Al-Quran yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan Rodja TV pada Selasa 27 Rabi’ul Awal 1443 H / 02 November 2021 M.

SURAH AL-BAQARAH AYAT 212
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

زُيِّنَ لِلَّذِينَ كَفَرُوا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَيَسْخَرُونَ مِنَ الَّذِينَ آمَنُوا ۘ وَالَّذِينَ اتَّقَوْا فَوْقَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ وَاللَّهُ يَرْزُقُ مَن يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ
“Dihiaskan kepada orang-orang kafir itu kehidupan dunia, dan mereka memperolok-olok orang yang beriman. Dan orang-orang yang bertakwa itu akan berada di atas mereka nanti pada hari kiamat. Dan Allah memberikan rezeki kepada siapa yang Allah kehendaki dengan tanpa perhitungan.” (QS. Al-Baqarah[2]: 212)

FAEDAH SURAH AL-BAQARAH AYAT 212

Dari ayat ini, kata Syaikh Utsaimin Rahimahullah kita ambil faedah:

Orang-orang kafir tertipu dengan kehidupan dunia

Sebab utama orang bisa kafir adalah karena tertipu dengan dunia. Kalau dia tidak tidak tertipu dengan dunia, dia yakin bahwa dunia ini sementara, dan bahwasanya kehidupan hakiki itu adalah kehidupan akhirat, tentu dia akan bersiap-siap untuk menuju kehidupan akhirat itu. Tapi karena dia tertipu dengan dunia, akhirnya menganggap seakan-akan hidup hanya di dunia saja. Akibatnya mereka pun kemudian tidak beriman kepada kehidupan akhirat.