Tafsir Alquran Juz 29: Surat Al Qalam Ayat 1-52: Tafsir Mudah dan Ringkas

Yufid.TV Yufid.TV Videos
279Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Tafsir Alquran Juz 29: Surat Al Qalam Ayat 1-52: Tafsir Mudah dan Ringkas

Surat Al Qalam merupakan surat Makkiyah, karena surah Al Qalam turun ketika Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berdakwah di Mekah. Sebagian ulama berpendapat bahwa surah Al Qolam adalah surat kedua yang turun setelah surat Al Alaq, namun sebagai ulama lainnya berpendapat berbeda. Intinya bahwa surat Al Qalam ayat 1-52 adalah salah satu surat yang turun di awal dakwah. Al Qalam juz berapa? Dalam urutan al Quran QS Al Qalam merupakan surat kedua dalam juz 29. Quran surat Al Qalam memiliki nama lain yaitu surat Nun.

Al Qalam artinya pena, yang diambil dari ayat pertama. Bacaan surat Al Qalam terdiri dari 52 ayat dan merupakan surat ke 68 dalam al Quran. Kandungan surat Al Qalam yaitu membicarakan tentang kebenaran Rasulullah shallallahu álaihi wa sallam yang terdapat pada ayat-ayat awal hingga Al Qalam ayat 4. Dalam surat Al Qalam ayat 4, Allah menegaskan bahwa Muhammad adalah seorang Rasul yang memiliki akhlak dengan nilai Al Quran yang sempurna.

Sudah banyak konten yang membahas tentang surat Al Qolam, salah satunya yaitu penulisan Al Qalam latin dan murottal surat Al Qolam metode ummi. Pada video ini, Yufid.TV akan membantu pemirsa untuk memahami tafsir surat Al Qalam dengan mudah dan ringkas. Penjelasan tafsir Al Qalam dari ayat ke ayat akan lebih memudahkan pemirsa dalam menyimaknya. Video surat Al Qalam merdu ini berisi murottal Al Qalam, terjemahan surat Al Qalam 1-52, serta penjelasan tafsir surat Al Qalam merdu merujuk kitab Al Mukhtasar fii tafsir.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlQalam

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se