Tafsir Ayat Ahkam : Ali Imran Ayat: 32 l Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.

Rodja TV Rodja TV Videos
339Views
  • Facebook
  • Whatsapp
  • Twitter
  • Share

Tafsir Ali Imran Ayat 32 – Taat Kepada Allah dan RasulNya adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 06 Rabi’ul Akhir 1443 H / 11 November 2021 M.

TAFSIR ALI IMRAN AYAT 32 – TAAT KEPADA ALLAH DAN RASULNYA
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ ۖ فَإِن تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ
“Katakanlah: ‘Taatlah kalian kepada Allah dan Rasul; dan jika kalian berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak mencintai orang-orang yang kafir.” (QS. Ali-Imran[3]: 32)

Yang dimaksud dengan taat adalah sebuah ungkapan tentang ketundukan dan persetujuan, baik itu berupa melakukan sesuatu atau meninggalkan sesuatu. Kalau berupa perintah, maka ketaatannya adalah melaksanakan apa yang diperintahkan tersebut. Dan apabila berupa larangan, maka ketaatanya adalah dengan cara menjauhi hal yang dilarang tersebut.

Mentaati Rasul dari apa yang diperintahkan olehnya dari syariat, maka ini merupakan bentuk ketaatan ekpada Allah. Adapun tentang yang tidak berhubungan dengan syariat, maka tidak diragukan lagi bahwa manusia yang punya hak terbesar atas kita adalah beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Akan tetapi Rasul terkadang memberikan syafaat tentang sesuatu yang tidak harus ditaati dalam syafaat tersebut sebagaimana dalam kisah Barirah yang sudah kita bahas.